Buka 9 April, Ini Alur Pendaftaran Calon Mahasiswa Sekolah Kedinasan Tahun 2022

Senin, 28 Maret 2022 | 12:17 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Buka 9 April, Ini Alur Pendaftaran Calon Mahasiswa Sekolah Kedinasan Tahun 2022

ILUSTRASI. Buka 9 April, Ini Alur Pendaftaran Calon Mahasiswa Sekolah Kedinasan Tahun 2022.


KONTAN.CO.ID -  Pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2022 akan dibuka pada tanggal 9 April 2022 mendatang. Siswa bisa mulai mempelajari bagaimana alur pendaftarannya mulai sekarang.

Badan Kepegawaian Negara atau BKN telah merilis jadwal kegiatan Penerimaan Calon Mahasiswa dan Taruna Sekolah Kedinasan 2022. 

Daftar Isi

Bersumber dari situs dikdin.bkn.go.id, pengumuman pendaftaran akan dirilis pada tanggal 1-8 April 2022, sedangkan kegiatan pendaftaran dibuka pada 9-30 April 2022. 

Ada sebanyak delapan sekolah kedinasan yang akan membuka pendaftaran calon mahasiswa dan taruna tahun 202. 

Baca Juga: Mengenal Bilangan Asli, Pengertian, Contoh, dan Perbedaannya dengan Bilangan Cacah

Sekolah kedinasan tersebut berada di bawah kementerian dan badan milik pemerintah diantaranya:

  • Kementerian Perhubungan
  • Kementerian Hukum dan HAM
  • Kementerian Dalam Negeri
  • Kementerian Keuangan
  • Badan Intelijen Negara
  • Badan Pusat Statistik
  • Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika
  • Badan Siber dan Sandi Negara

Alur pendaftaran sekolah kedinasan 2022

Sebagai langkah persiapan, siswa bisa mulai mempelajari alur pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini. Berikut ini alur pendaftaran sekolah kedinasan 2022, dirangkum dari situs dikdin.bkn.go.id.

1. Mengakses portal Sekolah Kedinasan https://dikdin.bkn.go.id/.

2. Membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang sudah tervalidasi Dukcapil, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.

3. Login pada akun SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang didaftarkan.

4. Melakukan pendaftaran dengan: 

  • Mengunggah swafoto (selfie)
  • Memilih sekolah 
  • Melengkapi nilai, 
  • upload berkas, dan 
  • melengkapi biodata diri

Baca Juga: Gampang Download Video YouTube Lewat Website Ini, Bisa Pilih Resolusi

5. Kemudian cetak resume dan kartu pendaftaran

6. Setelah peserta mendaftar, verifikator instansi akan memverifikasi data dan berkas pelamar

7. Cek status kelulusan administrasi Anda dengan login ke SSCASN Sekolah Kedinasan.

8. Jika dinyatakan lulus, Anda akan mendapatkan kode billing. Peserta wajib membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan masing-masing sekolah kedinasan. 

9. Setelah melakukan pembayaran dan dikonfirmasi oleh sistem, jangan lupa cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan.

10. Pelamar mengikuti proses ujian seleksi sesuai dengan informasi dari masing-masing instansi.

11. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan  di SSCASN.

Penting untuk diingat jika Anda hanya bisa memilih satu sekolah kedinasan saja saat pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru