Buka Snmpn.politeknik.or.id, Pengumuman SNMPN 2022 Sudah Keluar

Rabu, 06 April 2022 | 06:28 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Buka Snmpn.politeknik.or.id, Pengumuman SNMPN 2022 Sudah Keluar

ILUSTRASI. Buka Snmpn.politeknik.or.id, Pengumuman SNMPN 2022 Sudah Keluar


PERGURUAN TINGGI - Jakarta. Pengumuman untuk siswa kelas 12 SMA/SMK dan sederajat yang telah mengikuti Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2022. Hari ini adalah jadwal pengumuman SNMPN 2022 Politeknik, Polines hingga Polinema.

Pengumuman SNMPN 2022 berlangsung secara online. Pendaftar bisa cek pengumuman SNMPN 2022 melalui link snmpn.politeknik.or.id.

SNMPN 2022 adalah seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi (khusus jenjang Diploma 3) Bidang Vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Pada tahun 2014-2019, nama SNMPN dikenal dengan nama Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN) . Dengan diadakannya Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) pada tahun 2019 di Surabaya,  maka ditetapkannya pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur PMDK- PN berganti nama menjadi jalur SNMPN. Mekanisme pendaftaran dan persyaratan tetap sama, yang berubah hanya namanya saja. Hal ini bertujuan supaya arti kata Seleksi dalam SNMPN memiliki dan mencakup arti yang luas.

Pendaftaran calon peserta/Siswa melalui jalur SNMPN tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi.

Baca Juga: Untuk Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022, Ini 13 Universitas Terbaik di Indonesia di QS WUR

Cara cek pengumuman SNMPN 2022

Untuk cek pengumuman SNMPN 2022, pendaftar bisa melakukan secara online. Pengumuman SNMPN 2022 dapat dilihat dengan mengakses link website https://snmpn.politeknik.or.id/pengumuman/.

Berikut cara cek pengumuman SNMPN 2022:
1. Buka link website https://snmpn.politeknik.or.id/pengumuman/
2. Masukkan nomor pendaftaran atau NISN pendaftar
3. Centang kode captcha
4. Tekan tombol "CEK STATUS"

Hasil pengumuman SNMPN 2022 otomatis keluar. Calon mahasiswa yang lolos SNMPN 2022 bisa menghubungi masing-masing politeknik bersangkutan untuk mengetahui perihal daftar ulang.

Ada 44 politeknik negeri yang tergabung dalam seleksi SNMPN 2022. Dan siswa lolos SNMPN 2022 yang melakukan pengunduran diri wajib menerima keputusan politeknik bersangkutan.

Selamat untuk Anda yang lolos SNMPN 2022.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru