Musik

Bukan cuma makanan, konser musik ternyata bisa delivery. Di AS budgetnya 70 juta

Minggu, 09 Mei 2021 | 13:38 WIB Sumber: Reuters
Bukan cuma makanan, konser musik ternyata bisa delivery. Di AS budgetnya 70 juta

ILUSTRASI. Penyanyi dan penulis lagu Steve Poltz bermain di konser pribadi di sebuah perumahan kawanPiedmont, California. Amerika Serikat REUTERS/Nathan Frandino


KONTAN.CO.ID -  CALIFORNIA. Beragam cara dilakukan para musisi untuk bisa eksis di tengah pandemi. Jika sebelumnya para musisi menyelenggarakan konser secara live di media sosial, kini para seniman mencoba cara baru untuk bisa terus eksis.

Di tengah penurunan kebijakan pembatasan sosial, para musisi menyelenggarakan konser. Namun konser kali ini tidak di hadapan ratusan hingga jutaan penggemar.

Para musisi di Amerika Serikat menawarkan konser dengan sistem mengantarkannya langsung ke rumah atau delivery. Para penyanyi menyelenggarakan konser secara terbatas di rumah sang pemesan.

Misalnya saja beberapa minggu akhir pekan lalu Musisi Steve Poltz bernyanyi di teras belakang perumahan Piedmont, California. Ada sekitar 20 orang yang menggunakan masker mendengarkan lantunan lagu Poltz.  Diterangi oleh beberapa lampu panggung, api unggun di dekatnya, dan lampu taman gantung, penyanyi dan penulis lagu asal Kanada ini memainkan gitar sambil bernyanyi.

“Tidak masalah apakah Anda bermain untuk 100.000 orang atau Anda bermain untuk 30 atau 20 orang. Apa yang saya cari adalah hubungan itu. Jadi sangat menyenangkan bisa kembali keluar, "kata Poltz.

Biaya yang dikeluarkan untuk bisa memesan konser delivery ini berkisar mulai dari US$ 1.000 hingga US$ 5.000 atau setara Rp 70 juta.

Cara konser delivery ini bisa menjadi salah satu pendobrak keinginan para musisi yang memang sudah setahun lebih tak bisa manggung langsung karena kebijakan pembatasan sosial.

Promotor konser yang berbasis di San Francisco KC Turner menemukan cara baru untuk tetap bisa menghadirkan musik live  "Ini adalah cara untuk membawa musik kepada orang-orang dengan aman, sangat kecil, pribadi dan membawa kegembiraan dari apa itu musik," kata Turner.

Rangkaian konser ini dimulai musim gugur lalu dengan sekitar 35 pertunjukan di seluruh San Francisco Bay Area. Pemesanan berlanjut hingga musim semi.

Syaratnya penonton harus mengenakan masker untuk pertunjukan pribadi berdurasi 75 menit, kecuali saat makan atau minum, dan menjaga jarak secara sosial. Awalnya batas penonton 10 orang namun bisa menjadi dua kali lipat. Para penonton juga harus menjaga jarak selama konser berlangsung dengan tetap memakai masker.

"Saya memang memiliki kekhawatiran, tetapi saya yakin pada fakta bahwa itu akan dilakukan dengan benar dan itu telah terjadi," kata Poltz, yang telah divaksinasi.

Pemilik rumah biasanya memesan acara melalui Turner dan mengundang teman-temanya untuk menonton langsung. Selain Poltz juga ada penyanyi Donavon Frankenreiter, Clarence Greenwood (lebih dikenal sebagai Citizen Cope) dan David Lowery dari Cracker.


 

 

Editor: Lamgiat Siringoringo
Terbaru