Bukan hitam atau putih, ini warna mobil terfavorit di Inggris

Jumat, 29 Januari 2021 | 15:30 WIB Sumber: Carscoops
Bukan hitam atau putih, ini warna mobil terfavorit di Inggris


OTOMOTIF - LONDON. Riset terbaru yang dirilis oleh Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT) terungkap warna mobil terfavorit di Inggris. Selama tiga tahun berturut-turut, abu - abu masih mempertahankan posisinya sebagai warna mobil favorit Inggris di tahun 2021.

Sedangkan, warna hitam dan putih menempati posisi kedua dan ketiga, permintaan untuk kuning meningkat 50 persen, dan merah mengalami tahun terburuk sejak 1997.

Melansir dari Carscoops.com, abu-abu adalah warna mobil terfavorit untuk kendaraan jenis bensin dan diesel dengan 248.182 dan 84.489 populasi dalam warna masing-masing. Sedangkan putih paling diminati untuk varian BEV dan hitam untuk varian mobil PHEV, dengan 25.689 dan 17.989 terdaftar masing-masing.

Kedua warna itu membawa rekor untuk mobil listrik, yang bersama-sama menyumbang lebih dari 10 persen dari total populasi. Angka ini naik dari sekitar 3 persen pada 2019.

Baca Juga: Inilah mobil listrik Tesla terbaru, Model S 2021

Warna mobil terfavorit di Inggris

Baca Juga: Intip teaser Hyundai Bayon, SUV terbaru saudara Kona

Warna putih adalah warna terfavorit untuk segmen mini, sementara hitam menjadi warna tervaroit untuk segmen sedan mewah dan mobil eksekutif lainnya. Secara total, ada 106 warna berbeda yang terdaftar sepanjang tahun di Inggris, dengan warna merah marun yang paling tidak populer.

Sisanya dari 10 besar tetap tidak berubah, kecuali warna kuning dan perunggu, yang berada di tempat terbalik. Seperti yang disebutkan sebelumnya, warna kuning meningkatkan pangsa pasar mobil baru sebesar 50%, dengan menghasilkan 6.816 penjualan mobil di Inggris.

Sementara warna merah melihat registrasinya turun di bawah 200.000 untuk pertama kalinya dalam satu dekade menjadi 147.222. Hal ini mencatatkan hasil terburuk sejak 1997.

Warna mobil terfavorit

Baca Juga: Siap meluncur bulan depan, begini teaser terbaru mobil listrik Hyundai Ioniq 5

Secara keseluruhan dengan jumlah 397.197 mobil abu-abu terjual selama tahun 2020 di Inggris, yang berarti hampir seperempat (24,3%) dari semua mobil baru yang terjual dicat dengan warna abu-abu.

Dikombinasikan dengan dua warna teratas lainnya, hitam dan putih, kedua warna menyumbang lebih dari 60 persen (61,6%) dari semua mobil baru yang terdaftar pada tahun 2020.

"2020 adalah tahun yang cukup gelap untuk industri otomotif karena warna mobil baru teratas mungkin mencerminkan atmosfer," kata kepala eksekutif SMMT, Mike Hawes dikutip dari Carscoops.com.

Selanjutnya: Inilah Hyundai Kona N, varian terbaru, lebih bertenaga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru