CLOSE [X]

Bukan Jakarta, Inilah Daerah yang Dapat Lebih Dulu Pelat Nomor Putih

Rabu, 15 Juni 2022 | 09:21 WIB Sumber: Kompas.com
Bukan Jakarta, Inilah Daerah yang Dapat Lebih Dulu Pelat Nomor Putih

ILUSTRASI. Petugas Kepolisian menata plat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Pemerintah akan segera menerapkan pergantian warna dasar tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat nomor dari warna hitam ke putih. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan segera menerapkan pergantian warna dasar tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau pelat nomor dari warna hitam ke putih. 

Hal ini sebagaimana diatur dalam Perpol Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. 

Dalam Pasal 45, dijelaskan bahwa pelat nomor untuk kendaraan bermotor, badan hukum, PNA, dan Badan Internasional akan berubah menjadi warna putih dengan tulisan hitam. 

Hal ini bertujuan untuk mengefektifkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), menilang kendaraan yang melakukan pelanggaran dengan bantuan kamera sebagai bukti pelanggarannya. 

Terkait waktu penerapannya, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) STNK Korlantas Polri Kombes Taslim Chairuddin mengatakan, pelat atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) berwarna putih akan mulai digunakan jika bahan untuk pelat berwarna hitam sudah habis. 

“Jika material spesifikasi lama (pelat hitam) habis maka material baru akan digunakan artinya penggunaan TNKB dengan spesifikasi warna dasar putih dan tulisan hitam sudah kita mulai,” ucap Taslim dikutip dari Kompas.com, Selasa (14/6/2022). 

Baca Juga: Apa Itu ETLE dan Bagaimana Cara Kerja ETLE?

Taslim melanjutkan, saat ini material untuk pelat berwarna putih sudah banyak diproduksi dan digunakan di wilayah Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar), dan Sumatera Utara (Sumut). 

Pasalnya, material pelat warna hitam di daerah tersebut sudah habis sehingga mulai digunakan pelat nomor kendaraan berwarna putih. 

“Kita utamakan wilayah yang materialnya sudah habis, Jatim, Jabar, Sumut,” kata dia. 

Sebelumnya, Korlantas sempat mengatakan bahwa penggunaan pelat putih akan dimulai di pertengahan Juni 2022. Namun, ternyata jumlah stok pelat hitam masih banyak di sejumlah daerah sehingga akan dihabiskan terlebih dahulu. 

Baca Juga: Cara Bayar Tilang Elektronik, Jangan Sampai STNK Diblokir

“Di awal saya prediksi di pertengahan Juni ini mulai digunakan, ternyata sisa stok masih ada, ini bukan bermaksud main-main, melainkan sekadar prediksi,” kata dia. 

Taslim juga meminta kepada masyarakat untuk bersabar dan menunggu perkembangan lebih lanjut dari pihak kepolisian terkait implementasi pelat kendaraan berwarna putih. 

Adapun untuk kendaraan yang sudah mengenakan pelat warna hitam dapat terus digunakan hingga masa berlakunya habis. 
“Kendaraan yang sudah menggunakan material lama (warna dasar hitam, tulisan putih), akan tetap berlaku sampai dengan masa berlakunya habis,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Simak Daerah yang Lebih Dahulu Dapat Pelat Nomor Putih"
Penulis : Aprida Mega Nanda
Editor : Agung Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru