HOME

Bulan depan, penggunaan Google Meet gratis hanya bisa 1 jam per hari

Rabu, 23 September 2020 | 06:30 WIB   Reporter: Arif Budianto
Bulan depan, penggunaan Google Meet gratis hanya bisa 1 jam per hari

ILUSTRASI. Bulan depan, penggunaan Google Meet gratis hanya bisa 1 jam per hari.

KONTAN.CO.ID - Bagi Anda yang memanfaatkan Google Meet untuk keperluan rapat online, sebentar lagi mungkin akan terkendala. Pasalnya, penggunaan Google Meet versi gratis bakal dibatasi mulai 1 Oktober 2020.

Pandemi virus corona yang masih melanda wilayah Indonesia memaksa banyak orang untuk melakukan rapat secara online. Mereka bisa menggunakan beberapa aplikasi pendukung rapat daring, seperti Google Meet.

Dengan Google Meet, pengguna dapat melakukan meeting online dengan fitur yang memadai. Mulai dari membuat ruang rapat sendiri, bergabung lewat kode tertentu, hingga bisa joint hingga 250 orang.

Layanan yang bisa bergabung hingga 250 orang tersebut merupakan fitur lanjutan untuk pengguna G Suite Enterprise.

Google memang sedang menggratiskan Google Meet sejak April 2020. Tapi, layanan cuma-cuma itu akan berakhir sebentar lagi.

Baca Juga: Canggih! Sebentar lagi bisa pakai WhatsApp di 4 HP sekaligus dengan satu nomor saja

Saat masih gratis, pengguna Google Meet bisa mengakses semua fitur lanjutan. Misalnya, bergabung hingga 250 orang, rapat sampai 300 jam, lalu merekam dan menyimpannya ke Google Drive.

Fitur-fitur tersebut awalnya bisa pengguna akses tanpa biaya sama sekali di Google Meet. Namun, lewat update terbaru via blog resminya, Google Meet mengumumkan kebijakan baru yang tidak lagi gratis untuk mengakses fitur-fitur itu.

Cuma tenang saja, Google Meet masih bisa pengguna akses tanpa biaya sepeserpun. Tapi, ada batasan tertentu yang harus pengguna mau tidak mau terima.

Daftar paket layanan Google Meet 

ILUSTRASI: Google Meet

Berikut dafar harga paket layanan Google Meet dan fitur yang ditawarkan:

  Google Meet Gratis Google Meet G Suite Essentsials
(US$ 8/bulan)
Google Meet G Suite Enterprise (hubungi pihak Google langsung)
Durasi rapat maksimum 1 jam/hari 300 jam/hari 300 jam/hari
Peserta rapat maksimum 100 orang 150 orang 250 orang
Dukungan pelanggan Bantuan mandiri online dan forum komunitas Dukungan online 24 jam setiap hari dan forum komunitas Dukungan online 24 jam setiap hari dan forum komunitas

Nah, masing-masing paket memiliki fitur tersendiri. Secara keseluruhan, lebih banyak lagi fitur yang bisa pengguna akses jika berlangganan paket G Suite Enterprise.

Untuk pengguna Google Meet gratis, hanya bisa menikmati rapat maksimum satu jam per hari. Tetapi, jika Anda ingin menikmati fitur yang lebih banyak, bisa langganan paket yang tersedia.

Sekali lagi, hingga saat ini fitur lanjutan Google Meet masih bisa pengguna nikmati sampai 30 September 2020. Setelah itu, per 1 Oktober 2020, pengguna Google Meet gratis hanya bisa rapat maksimal satu jam per hari.

Selanjutnya: Tips Google Meet, mengubah background menjadi blur

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru