Calon karyawan perlu tahu, ini pengertian interpersonal skill serta ragamnya

Kamis, 22 April 2021 | 22:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Calon karyawan perlu tahu, ini pengertian interpersonal skill serta ragamnya


MENCARI KERJA - Sering melihat lowongan yang mensyaratkan pelamar memiliki interpersonal skill? Kemampuan ini semakin banyak dicari oleh perusahaan karena mereka membutuhkan karyawan yang andal.  

Apa sebenarnya kemampuan interpersonal itu? Interpersonal skill, bersumber dari The Balance Careers, adalah keterampilan dalam bekerja.

Kemampuan ini fokus pada kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan berinteraksi, soft skill, dan kecerdasan emosional adalah kunci dari interpersonal skill yang baik.  

Ada banyak jenis kemampuan ini yang perlu dipelajari oleh para karyawan. Namun demikian, ada tujuh interpersonal skill yang paling penting.  

Dihimpun dari The Balance Careers dan Glassdoor, berikut keterampilan interpersonal yang paling penting dimiliki pekerja: 

  • Kemampuan berkomunikasi

Berkomunikasi menjadi interpersonal skill yang paling penting dimiliki oleh pekerja. Apapun posisi Anda, kemampuan berkomunikasi sangat penting untuk keberlangsungan Anda di kantor. 

Lewat kemampuan ini, Anda bisa berinteraksi dengan baik terhadap rekan kerja dan klien. Kemampuan berkomunikasi baik verbal dan tulisan sangat penting.

Dalam berkomunikasi, Anda juga memerlukan kemampuan mendengarkan yang baik. Dengan mendengarkan, Anda bisa memahami masalah dan mengambil solusi yang terbaik. 

Tidak mudah untuk menjadi pendengar yang baik. Namun demikian, Anda bisa melatih kemampuan ini. Ada beragam cara untuk meningkatkan interpersonal skill ini yang bisa dicoba. 

Baca Juga: 5 Situs ini bisa bantu tingkatkan kemampuan bahasa Inggris, mudah diakses dan gratis

  • Berempati

Penting bagi pekerja untuk memiliki empati pada orang lain. Anda perlu memahami dan menunjukkan rasa empati pada situasi tertentu. 

Sabar, menghargai orang lain, dan peduli adalah contoh dari sikap berempati. 

  • Memecahkan masalah

Problem solving atau memecahkan masalah, merupakan keterampilan interpersonal yang penting. Tidak hanya problem solving sederhana, pekerja dituntut untuk bisa memberikan solusi kreatif. 

Mereka juga diharapkan bisa mengatasi masalah yang kompleks dengan solusi yang inovatif. 

Baca Juga: Ini persyaratan dan alur pendaftaran Politeknik Siber, bisa jadi CPNS setelah lulus

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru