Canggih! Yamaha mengembangkan motor anti-jatuh

Rabu, 02 September 2020 | 14:45 WIB Sumber: Visordown
Canggih! Yamaha mengembangkan motor anti-jatuh

ILUSTRASI. Canggih! Yamaha mengembangkan sepeda motor anti-jatuh


TEASER MOTOR - TOKYO. Pada 2015, beredar kabar Yamaha sedang menyiapkan konsep robot beserta sepeda motor berteknologi canggih. Motor Yamaha tersebut diklaim anti-jatuh. 

Melansir Visordowrn.com, kini Yamaha mengonfirmasi sedang mengembangkan sepeda motor anti-jatuh. Kabar itu datang saat presentasi online untuk Yamaha Tricity 300 terbaru di Jepang.

Takuya Kinoshita, Chief General Manager of Motorcycle Business Operations Yamaha Motor Co., Ltd., mengatakan, proyek tersebut akan menjadi bagian dari serangkaian kendaraan yang akan mendorong konsep mobilitas yang inovatif.

Sebelumnya, Yamaha mengembangkan konsep MOTOBOT, sebuah robot yang mengendarai Yamaha R1 dengan sistem otonom sepenuhnya.

Lalu, pabrikan asal Jepang tersebut mengembangkan konsep MOTOROiD, motor yang bisa manusia kendarai atau meluncur ke lokasi yang telah ditentukan.

Baca Juga: Ramping dan imut! Skuter listrik Unu segera meluncur dengan harga Rp 50 jutaan

Hanya, detail mengenai rentang tampilan motor anti-jatuh tersebut masih belum Yamaha ungkapkan. Para penggemar hanya bisa melihat konsep dan paten Yamaha sebelumnya untuk memberi petunjuk tentang motor yang sedang mereka rencanakan itu.

Yamaha MOTOBOT

Tentu, motor anti-jatuh akan memanfaatkan teknologi yang mumpuni. Namun, kemungkinan juga mengusung bentuk mesin multi-roda, mengingat minat lama Yamaha pada sektor ini.

Yamaha tidak sendirian dalam berinovasi motor anti-jatuh. Harley-Davidson sedang mengembangkan sepeda motor self-balancing mulai awal tahun ini. Selain itu, Honda memperkenalkan sistem Riding Assist pada 2017 lalu.

Baca Juga: Aurus Escort, motor listrik baru buatan Rusia yang siap kawal Vladimir Putin

Bahkan, raksasa teknologi otomotif Bosch mengembangkan sepeda motor anti-jatuh, dengan konsep mirip April Mop sungguhan. Sistem itu menggunakan jet bertekanan tinggi untuk menjaga sepeda agar tidak menabrak sekelilingnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru