Canggih! Yamaha XT 500 bakal disulap jadi motor berbahan bakar air

Jumat, 07 Agustus 2020 | 09:30 WIB Sumber: RideApart
Canggih! Yamaha XT 500 bakal disulap jadi motor berbahan bakar air


MOTOR YAMAHA - AUSTRIA. Yamaha XT 500 kini akan disulap menjadi motor berbahan bakar air. Motor ini dipilih dalam sebuah proyek desainer asal Austria bernama Maxime Lefebvre. Lefebvre mendesain ulang mesin hingga bodi motor untuk menguji air sebagai bahan bakarnya. Lefebvre menjulukinya konsep motor Yamaha XT 500 "H2O".

Mengutip dari Rideapart, Lefebvre telah memulai proyek motor tersebut sejak tahun 2016. Lefebvre juga mengaku bahwa motor tersebut akan berkembang dalam kurun waktu lima tahun mendatang. 

Baca Juga: Foto teaser Qianjiang QJ350 tersebar, rumor Harley Davidson versi China mencuat

Desain yang diusung pada Yamaha XT 500 menyematkan konsep mesin berteknologi canggih. Hal tersebut dibuktikan dengan modifikasi mesin yang ditenagai sebuah pompa air. Konsep tersebut diklaim memiliki emisi yang lebih baik dibandingkan penggunaan bahan bakar bensin. Uniknya motor ini memiliki desain yang tidak biasa, pada bagian setang tidak langsung menyatu dengan poros roda bagian depan. 

Yamaha XT 500

Proyek ini sudah melibatkan banyak kalangan desainer dari Yamaha. Namun, hingga kini belum ada kepastian untuk diproduksi dalam jangka waktu dekat. Lefebvre mengaku motor ini masih sebatas konsep dan rancangan awal. Lefebvre dan Yamaha hanya menargetkan realisasi perakitan perdana akan dilakukan di tahun 2025.

Baca Juga: Rayakan 40 tahun kemunculan Camry, Toyota rilis model spesial ini

Yamaha XT 500 1976

Sebelumnya, Yamaha XT 500 merupakan motor lawas yang dirilis di tahun 1976. Kala itu, Yamaha XT 500 didesain oleh Shiro Nakamura. Versi asli Yamaha XT 500 dibekali roda depan dengan ukuran 21 inci dan bagian belakang berukuran 18 inci. 

Seperti wujud aslinya, Lefebvre mengklaim bahwa motor ini memiliki bobot ringan, dan sangat mudah untuk dipakai berakselerasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru