Cara ampuh memilih pelatihan digital marketing berkualitas

Jumat, 24 Juli 2020 | 15:56 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara ampuh memilih pelatihan digital marketing berkualitas

ILUSTRASI. Mengecek profil pelatih bisa dijadikan cara untuk memilih pelatihan digital marketing yang berkualitas.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda pernah mendengar istilah digital marketing? Karena perkembangan zaman dan teknologi, istilah tersebut sudah banyak digunakan. Permintaan orang-orang yang berkecimpung di bidang terkait mengakibatkan pelatihan digital marketing diminati oleh banyak orang.

Meski banyak materi tentang digital marketing yang bisa Anda temukan dengan mudah di internet, hal tersebut belum bisa menjadikan Anda benar-benar mahir di bidang digital marketing. Pelatihan digital marketing tetap Anda perlukan.

Banyaknya materi yang tersedia di internet biasanya hanya mengajarkan Anda bagaimana menggunakan perangkat pendukung digital marketing. Mengutip dari Whizlabs (whizlabs.com), pengetahuan dasar tentang marketing biasanya tidak banyak tersinggung dalam materi gratis di internet.

Baca Juga: 3 ide bisnis saat pandemi yang tak boleh Anda lewatkan

Padahal, pengetahuan dasar tentang marketing akan membuat karir Anda di bidang digital marketing bisa lebih baik. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana memilih pelatihan digital marketing yang berkualitas?

Reputasi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memilih pelatihan digital marketing adalah reputasi institusi penyelenggara. Ada banyak tempat yang memberikan layanan pelatihan digital marketing. 

Reputasi yang dimaksud bisa Anda dapat dengan mencari pencapaian apa yang dihasilkan dari institusi tersebut, seberapa lama dan bagaimana perkembangan institusi, bagaimana alumni yang pernah belajar di institusi itu, dan lain sebagainya.

Testimoni

Bukan hal yang tabu lagi jika testimoni berperan penting untuk memilih pelatihan digital marketing. Whizlabs merekomendasikan agar Anda melakukan cek terhadap testimoni di semua platform yang tersedia.

Baca Juga: Yuk cari tahu tentang copywriter, posisi yang makin sering dicari di lowongan kerja

Cek Profil Pelatih

Pelatih memegang peranan penting dalam pelatihan digital marketing berkualitas yang Anda pilih. Whizlabs mengatakan, salah satu indikator terbaik untuk memilih pelatihan digital marketing berkualitas adalah dengan mengecek profil pelatih. Anda bisa mencarinya di internet, tapi jika tidak ada informasi yang tersedia, jangan ragu untuk bertanya langsung melalui customer service.

Kurikulum

Kurikulum juga perlu Anda perhatikan saat memilih pelatihan digital marketing. Periksa materi apa saja yang akan diajarkan. Lihat apakah materi yang Anda terima bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata atau tidak.

Sertifikat

Hal terakhir yang disampaikan Whizlabs untuk memilih pelatihan digital marketing berkualitas adalah dengan melihat sertifikasi yang diberikan. Tidak sedikit pelatihan dengan sertifikasi yang tidak terstruktur. Anda perlu memeriksa apakah sertifikat yang Anda terima bisa bernilai dan berguna untuk menunjang pekerjaan profesional Anda atau tidak.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru