Cara Backup Chat Telegram di Aplikasi Desktop Sesuai Jenis File

Senin, 26 Agustus 2024 | 11:50 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Cara Backup Chat Telegram di Aplikasi Desktop Sesuai Jenis File

ILUSTRASI. Pengguna Telegram. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


TELEGRAM - JAKARTA. Cara backup chat Telegram untuk pemula bisa dilakukan dengan praktis. Isu penangkapan CEO Telegram Pavel Durov menjadi sorotan terkait masa depan platform yang dikembangkannya.

Layanan Telegram menjadi salah satu alternatif aplikasi perpesanan yang memungkinkan pengguna membuat Grup hingga Channel.

Sehingga, pengguna perlu langkah mengantisipasi Telegram dapat ditutup di kemudian hari seperti Backup Chat.

Backup Chat Telegram adalah proses menyimpan salinan data atau percakapan yang ada di akun Telegram Anda untuk tujuan keamanan, referensi, atau pemulihan di masa mendatang.

Baca Juga: Telegram Menghadapi Risiko Penutupan atau Pembatasan Akses di Beberapa Negara

Backup ini bisa melibatkan pesan, file media, dan informasi lainnya yang Anda miliki di dalam aplikasi.  Simak beberapa penjelasan tentang backup Telegram beserta manfaatnya untuk pengguna.

Manfaat Backup Telegram

fitur baru Telegram

  • Pemulihan Data: Jika Anda kehilangan perangkat atau mengganti perangkat, backup memungkinkan Anda untuk memulihkan chat dan media penting tanpa kehilangan data.
  • Keamanan: Menyimpan salinan data di lokasi lain membantu melindungi informasi penting dari kehilangan, baik karena perangkat rusak, hilang, atau aplikasi mengalami masalah teknis.
  • Referensi di Masa Depan: Backup memungkinkan Anda untuk mengakses percakapan atau file tertentu di masa mendatang, bahkan jika pesan asli telah dihapus dari aplikasi.
  • Pengelolaan Penyimpanan: Dengan mengekspor dan menghapus chat yang tidak diperlukan, Anda dapat mengelola ruang penyimpanan di perangkat Anda lebih efisien.

Jenis Backup Telegram

Ada beberapa jenis backup telegram yang wajib diketahui pengguna.

  • Chat Export: Telegram memiliki fitur untuk mengekspor chat individual atau grup. Anda dapat mengekspor seluruh riwayat percakapan termasuk media yang dibagikan di dalam chat tersebut. Hasil ekspor akan disimpan dalam format file (HTML atau JSON) di perangkat Anda.
  • Backup Cloud (Default): Telegram secara otomatis menyimpan data percakapan Anda di server cloud miliknya. Ini berarti Anda bisa mengakses chat Anda dari perangkat apa pun yang terhubung dengan akun Telegram Anda. Namun, ini bukan backup tradisional karena data tetap ada di server Telegram, bukan di perangkat Anda.
  • Manual Backup: Anda juga bisa secara manual menyimpan file media atau chat penting dengan cara mengunduh dan menyimpannya ke perangkat Anda (misalnya, komputer atau penyimpanan cloud pribadi).

Baca Juga: Tanpa Aplikasi, Inilah Cara Membuka Telegram Web di Laptop untuk Login

Cara Melakukan Backup

Ada beberapa cara backup di Telegram baik secara menyeluruh maupun parsial seperti penyimpanan media foto dan video. Sayangnya, fitur ini hanya bisa diterapkan untuk Telegram versi Desktop App.

1. Ekspor Chat Telegram

Nah, pengguna bisa melakukan backup chat sesuai dengan kebuhtuhan.

  • Di dalam chat yang ingin Anda backup, buka opsi "More" (biasanya berbentuk tiga titik di sudut kanan atas).
  • Pilih "Export chat history,".
  • Anda bisa membatasi besaran file.
  • Pilih jenis file yang bisa disimpan pada file backup.
  • Ikuti langkah-langkahnya untuk menyimpan riwayat chat ke perangkat Anda.

2. Simpan File Media Telegram

Untuk menyimpan file media seperti foto atau video, Anda bisa menekan file tersebut lalu pilih opsi untuk menyimpannya ke perangkat.

Sayangnya, fitur Telegram hanya bisa dilakukan secara manual simpan informasi penting di tempat penyimpanan lain. Pastikan Anda selalui menyimpan secara berkala, apabila terdapat banyak file penting di Telegram.

Demikian penjelasan terkait penyimpanan cloud atau perangkat eksternal Telegram untuk memastikan data tetap aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru