Cara Cek Masa Garansi HP Samsung, Skema, dan Petunjuk Klaim untuk Pengguna

Minggu, 09 Maret 2025 | 11:30 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Cara Cek Masa Garansi HP Samsung, Skema, dan Petunjuk Klaim untuk Pengguna

ILUSTRASI. Samsung Galaxy A36


TIPS & TRIK - JAKARTA. Intip cara cek garansi HP Samsung dan panduan klaim bagi pengguna. Setiap pengguna yang melakukan pembelian Samsung secara resmi dapat menerima kartu garansi yang berlaku dengan variasi dari 12 hingga 24 bulan.

Garansi terbatas hanya berlaku untuk produk HP Samsung resmi yang rusak secara normal dan sesuai dengan ketentuan. Nah, untuk varian charger dan aksesori bawaan beserta baterai bawaan memiliki garansi yang berbeda dan lebih sedikit dari suku cadang.

Samsung dirilis dalam HP bergaransi resmi, artinya service center yang ada di Indonesia hanya menerima varian resmi. Selain itu jenis garansi HP Samsung adalah masa garansi 12 bulan untuk Suku Cadang Asli Samsung & Jasa Perbaikan saja.

Baca Juga: Punya Kekayaan Bersih US$ 1 miliar, Begini Kerajaan Bisnis YouTuber, MrBeast

Cara cek garansi HP Samsung

Samsung Galaxy A26

Setiap pembeli bisa saja lupa untuk mengetahui tepatnya garansi itu dimulai dan akan berakhir. Apabila dusbook terselip, pengguna wajib mengetahui cara cek garansi Samsung secara online.

Sebelum mengetahui masa garansi Samsung wajib mencatat terlebih dulu IMEI pada HP. Ikuti panduan dan cara cek garansi HP Samsung dengan beberapa langkah yang dapat dicoba.

1. Melihat garansi HP Samsung dengan web Imei Info

Ada situs khusus yang bisa dipakai untuk cek garansi Samsung dengan cepat 

  • Buka menu Telepon.
  • Ketik *#06#.
  • Salin nomor IMEI yang muncul.
  • Buka alamat http://www.imei.info pada browser.
  • Masukkan 15 digit IMEI Samsung pada kolom.
  • Klik menu Warranty.
  • Tunggu informasi garansi akan muncul.

2. Melihat garansi HP Samsung lewat Website

Nah, Anda kini bisa mengecek masa garansi di laman resmi pabrikan.

  • Buka laman resmi Samsung.
  • Cari menu Garansi.
  • Klik Daftar Produk.
  • Pilih menu Mulai Sekarang.
  • Masuk ke akun Samsung.
  • Tunggu informasi garanasi akan muncul.

Baca Juga: Elnusa Petrofin Angkat Bicara Soal Mobil Tangki Pembawa BBM Oplosan di Medan

3. Melihat garansi HP Samsung lewat Customer Service

Berikutya, pengguna bisa ikuti cara cek garansi Samsung melalui CS berikut ini.

  • Telepon Samsung Indonesia: 0800-112-7777 atau 0800-112-8888
  • Facebook Samsung Indonesia: @SamsungIndonesia
  • Twitter Samsung Indonesia: @SamsungID
  • Instagram Samsung Indonesia: @samsung_id

4. Melihat garansi HP Samsung dengan IMEI

Untuk mengetahui IMEI bisa dilihat melalui menu telepon HP. Tekan *#12580*369# untuk melihat IMEI dan tanggal pembelian. Hitung tanggal pembelian apakah lebih dari 12 bulan, maka garansi Samsung sudah hangus atau melewati masa.

Selain itu, cara cek garansi Samsung lewat IMEI dapat diketahui dengan menu tentang HP. Catat dengan baik 15 digit dari IMEI Samsung untuk mengetahui garansi.

Baca Juga: Hadiah Ulang Tahun Putrinya, Miliarder India Ini Beri 49% Kepemilikan Sahamnya

Panduan Klaim Garansi HP Samsung

1. Pastikan Produk Sesuai dengan Syarat Garansi

​Baca ketentuan garansi yang biasanya terdapat di buku panduan atau situs resmi Samsung. Garansi mencakup kerusakan yang bukan disebabkan oleh kesalahan pengguna seperti jatuh, terkena air, atau perbaikan oleh pihak ketiga yang tidak resmi.

2. Siapkan Dokumen Penting

Siapkan dokumen yang diperlukan untuk mengklaim garansi, termasuk: Identifikasi produk (IMEI atau serial number) yang dapat ditemukan pada kotak produk atau perangkat itu sendiri.

Nota pembelian atau bukti pembayaran resmi yang menunjukkan tanggal pembelian. Kartu garansi yang diisi dengan benar dan cap dari penjual.

Baca Juga: Cek Harga HP Samsung A35 5G 8/256 GB di Maret 2025

3. Cek Status Garansi Online

Anda bisa memeriksa status garansi HP Samsung Anda secara online melalui situs resmi Samsung. Ini membantu memastikan bahwa perangkat Anda masih dalam masa garansi. Anda bisa melakukan ini dengan mengunjungi laman resmi Samsung dan memasukkan nomor IMEI perangkat Anda.

4. Hubungi Samsung Customer Service

Hubungi layanan pelanggan Samsung untuk konsultasi awal dan mengonfirmasi apakah masalah Anda tercakup dalam garansi. Nomor layanan pelanggan Samsung di Indonesia adalah 0800-112-8888 (bebas pulsa) atau (021) 56997777.

5. Kunjungi Samsung Service Center

Pastikan Anda membawa perangkat Anda beserta semua dokumen ke Samsung Service Center terdekat. Anda bisa menemukan lokasi pusat layanan melalui situs resmi Samsung atau aplikasi Samsung Members.

Demikian beberapa cara cek garansi Samsung secara online untuk mengetahui status HP resmi dan masa aktifnya.

Tonton: Samsung Riis Ponsel Pintar AI dengan Cip Qualcomm, Ini Informasinya

Selanjutnya: Sukses Ala Warren Buffett, Ini 7 Hal yang Perlu Anda Lakukan

Menarik Dibaca: Jadwal Buka Puasa Hari Ini 9 Maret 2025 untuk Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti
Survei KG Media
Terbaru