Cara Daftar Akun Bluesky, Platform Media Sosial yang Mirip dengan Twitter X

Senin, 17 Juni 2024 | 09:33 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Cara Daftar Akun Bluesky, Platform Media Sosial yang Mirip dengan Twitter X

ILUSTRASI. Apa itu Bluesky?


MEDIA SOSIAL - JAKARTA. Simak cara membuat akun Bluesky sebagai salah satu pengganti Twitter atau X. Bluesky adalah aplikasi sosial terdesentralisasi yang dikonsepkan oleh mantan CEO Twitter, Jack Dorsey, dan dikembangkan secara paralel dengan Twitter.

Media sosial ini memiliki antarmuka pengguna mirip dengan Twitter, tetapi dengan pilihan algoritma, desain terfederasi, dan moderasi yang spesifik untuk komunitas tertentu.

Kini Bluesky kembali mencuat dari tahun lalu setelah Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kominfo berencana untuk memblokir X atau Twitter.

Bluesky menggunakan sistem kerja terbuka yang dikembangkan secara internal disebut AT Protocol. Sehingga, setiap orang di luar perusahaan memiliki transparansi tentang bagaimana aplikasi ini dibangun dan apa yang sedang dikembangkan.

Dorsey memperkenalkan proyek Bluesky pada tahun 2019 ketika masih menjabat sebagai CEO Twitter.

Baca Juga: Cara Hapus Akun Medsos Twitter X, Instagram, Facebook, sampai TikTok

 

Bluesky

Pada waktu itu, dia menyatakan bahwa Twitter akan mendanai “tim kecil independen yang terdiri dari maksimal lima arsitek sumber terbuka, insinyur, dan desainer,” yang bertugas membangun standar terdesentralisasi untuk media sosial, dengan tujuan awal agar Twitter akan mengadopsi standar ini sendiri.

Namun, hal ini terjadi sebelum Elon Musk membeli platform tersebut, sehingga sejak akhir 2022, Bluesky sepenuhnya terpisah dari Twitter. Bahkan, Dorsey telah menggunakan Bluesky untuk menyatakan ketidakpuasannya dengan kepemimpinan Musk.

Bluesky bertujuan untuk menemukan cara mempertahankan jaringannya tanpa bergantung pada iklan, dengan menyediakan layanan berbayar sehingga dapat tetap gratis untuk pengguna akhir.

Pada tanggal 5 Juli, Bluesky mengumumkan pendanaan putaran awal tambahan dan memperkenalkan layanan berbayar yang menawarkan domain khusus bagi pengguna yang ingin memiliki domain unik sebagai identitas mereka di platform tersebut.

Apakah Bluesky Aman?

Pada Oktober 2023, Bluesky menambahkan fitur verifikasi email sebagai bagian dari upaya besar untuk meningkatkan keamanan akun dan autentikasi di jaringan tersebut.

Penambahan ini adalah langkah penting dalam menjadikan Bluesky lebih kompetitif dengan jaringan yang lebih besar seperti X, yang memiliki kontrol keamanan lebih kuat.

Pada Desember 2023, Bluesky memberikan opsi kepada pengguna untuk menolak perubahan yang akan membuat postingan mereka dapat dilihat oleh publik di web, menyusul protes dari para pengguna.

Sebelumnya, untuk mendaftar Bluesky, Anda membutuhkan undangan dari pengguna lain yang sudah tergabung.

Cara daftar Bluesky

Berikut cara daftar Bluesky terbaru:

  • Buka situs web Bluesky: https://bsky.app/ pada laman browser
  • Klik tombol "Buat Akun" di bagian atas halaman.
  • Masukkan alamat email, kata sandi, dan tanggal lahir Anda.
  • Klik tombol "Berikutnya".
  • Pilih nama pengguna yang Anda inginkan.
  • Pilih topik yang Anda minati.
  • Klik tombol "Daftar".
  • Verifikasi alamat email Anda.
  • Selesai! Anda sudah terdaftar di Bluesky.

Anda bisa menggunakannya layaknya sebagai pemakai Twitter atau X. Itulah beberapa petunjuk daftar akun Bluesky hingga informasi penting terkait aplikasi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru