Cara Gampang Mencari SPBU Lewat Gadget

Senin, 02 Mei 2022 | 06:00 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Cara Gampang Mencari SPBU Lewat Gadget


KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan saat mudik dan menikmati liburan Lebaran dengan kendaraan adalah memastikan tangki bahan bakar minyak (BBM) sudah penuh atau memadai untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Minimal untuk bepergian keluar kota. Terlebih pulang kampung.

Namun, kerap kali terjadi kendaraan perlu diisi bahan bakar setelah mengarungi perjalanan panjang. Tapi, agak sulit untuk menemukan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di daerah atau wilayah yang belum dikenal.

Untungnya, saat ini sudah banyak terdapat platform teknologi yang memungkinkan pengendara mengetahui di mana letak lokasi SPBU terdekat. Yang lebih enak, platform teknologi tersebut ternyata sudah ada di gadget.

Lantas apa saja jenis platform teknologinya? Berikut dibawah ini.

Google Maps 

Jangan salah, kita bisa memanfaatkan fitur pencarian di Google Maps. Berikut cara mencari SPBU terdekat dengan Google Maps:

1. Pastikan Anda mengizinkan Google Maps untuk mengakses informasi lokasi terkini Anda, untuk mendapatkan hasil pencarian SPBU yang akurat dengan keberadaan Anda saat ini; 

2. Buka aplikasi Google Maps; 

3. Pilih filter "SPBU" yang ada di bagian atas peta; 

4. Google Maps akan menampilkan titik-titik keberadaan SPBU di seluruh area yang ada di dalam peta, baik yanf ada di sekitar Anda maupun yang jauh; 

5. Agar lebih spesifik untuk menemukan SPBU terdekat yang masih beroperasi, kita bisa mengatur filter jarak dan waktu buka/beroperasi di bagian atas peta; 

6. Google Maps pun akan menampilka lokasi keberadaan SPBU hanya di sekitar pengguna yang masih beroperasi di saat Anda mengeceknya; 

7. Anda juga bisa mengetuk fitur "Lihat daftar" untuk mengetahui SPBU di sekitar lengkap dengan alamat, jarak dari titik Anda, dan jam operasionalnya. 

Baca Juga: Menteri ESDM Minta Pertamina Menjaga Pasokan BBM di SPBU di Masa Mudik Lebaran

Namun, untuk informasi SPBU di Google Maps terdiri dari beragam penyedia. Tidak hanya SPBU resmi atau berukuran besar, namun ada juga SPBU resmi dengan ukuran lebih kecil, bahkan warung bensin yang dimiliki oleh warga. 

Google 

Cara kedua adalah dengan melakukan pencarian sederhana di Google. Caranya relatif mudah sebagaimana langkah-langkah berikut:

1. Pastikan mengizinkan Google untuk mengakses lokasi terkini

2. Masuk ke mesin pencari Google

3. Ketik kata kunci "SPBU Terdekat"

4. Google akan menampilkan SPBU terdekat dalam format peta dan daftar di bagian paling atas dari hasil pencarian yang ada. 

My Pertamina 

Yang ketiga adalah melakukan pencarian melalui laman My Pertamina yang dikelola secara langsung oleh Pertamina, perusahaan negara yang mengiperasionalkan sebagian besar SPBU di Indonesia. Berikut caranya:

1. Buka laman mypertamina.id/spbu  

2. Masukkan nama kota atau kabupaten atau ingin mencari SPBU

3. Akan ditampilkan daftar SPBU resmi yang ada di bawah Pertamina yang ada di daerah tersebut beserta alamatnya.

 Kelebihan dari mencari SPBU dari laman My Pertamina adalah kita hanya akan disajikan daftar SPBU resmi dengan ukuran standar yang pasti terletak di sepanjang jalan raya dan tidak tercampur dengan penjaja bensin eceran yang lokasinya mungkin sulit dijangkau atau diakses oleh semua jenis kendaraan bermotor sebagaimana ditampilkan oleh Google atau Google Maps. Semua cara di atas dapat dilakukan menggunakan ponsel pintar yang Anda miliki. Semoga membantu perjalanan Anda, selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mencari SPBU Terdekat via Google Maps, Google, dan My Pertamina", .
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru