Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Internet, Pakai Fitur Ini

Selasa, 10 Januari 2023 | 09:47 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Internet, Pakai Fitur Ini

ILUSTRASI. Kini, pengguna WhatsApp dapat mengirimkan pesan melalui gadget mereka tanpa jaringan internet. REUTERS/Dado Ruvic


WHATSAPP - Ini fitur terbaru yang dirilis WhatsApp. Kini, pengguna WhatsApp dapat mengirimkan pesan melalui gadget mereka tanpa jaringan internet. 

Pasalnya, WhatsApp telah menambahkan fitur baru ke platform perpesanan yang memungkinkan orang untuk menggunakan aplikasi bahkan di wilayah di mana otoritas yang mengatur telah memblokir layanan perpesanan. Fitur baru ini adalah kemampuan aplikasi untuk bekerja melalui server proxy.

"Kendati jika penutupan (akses internet) ini berlanjut, kami berharap solusi ini dapat membantu orang di mana pun akan adanya kebutuhan untuk komunikasi yang aman dan andal," jelas WhatsApp seperti yang dilansir dari India Times, Jumat (6/1/2023). 

Apa itu server proxy dan bagaimana Anda bisa menggunakannya di WhatsApp sehingga tak terpengaruh jika terjadi pemblokiran internet?

Mengutip Sam Mobile, bagi yang belum tahu tentang server proxy, ini merupakan sistem yang bertindak sebagai perantara antara perangkat atau layanan dan internet. 

Artinya, jika pemerintah memblokir WhatsApp di suatu wilayah, orang dapat memasukkan alamat server proxy, yang belum diblokir pemerintah, di aplikasi tersebut. 

Baca Juga: Ini 2 Cara Membuat Blur WhatsApp Web bagi Pengguna Google Chrome

Hal ini akan memungkinkan WhatsApp untuk berkomunikasi melalui server tersebut, sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan perpesanan tanpa masalah apa pun.

WhatsApp, bagaimanapun, tidak akan menyediakan server proxy kepada pengguna. Ini berarti orang harus mencari server proxy yang berfungsi di wilayah mereka dan kemudian memasukkan alamat server proxy itu di aplikasi. 

Ada banyak server proxy yang bebas digunakan di seluruh dunia yang dibuat oleh sukarelawan dan organisasi. 

Menurut WhatsApp, pesan/data Anda akan dienkripsi secara end-to-end bahkan ketika Anda menggunakan aplikasi melalui server proxy.

Dalam postingan pengumuman, WhatsApp memberikan contoh Iran, di mana otoritas pemerintahan telah memblokir semua layanan dari Meta (seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp) selama berbulan-bulan, untuk menjelaskan betapa bermanfaatnya fitur baru tersebut.

Baca Juga: 3 Cara Backup Chat WhatsApp dan Restore Chat bagi Pengguna

Cara menggunakan fitur Server Proxy WhatsApp

Berikut cara menggunakan fitur Server Proxy WhatsApp:

1. Untuk menggunakan fitur Proxy Server di WhatsApp, unduh dan instal aplikasi WhatsApp di ponsel Anda. 

2. Setelah Anda mengatur aplikasi dan mendaftar dengan nomor telepon Anda, lakukan hal berikut:

- Buka WhatsApp dan navigasikan ke Pengaturan.
- Kemudian, klik Storage and Data » Proxy » Use Proxy » Set Proxy.
- Lalu, masukkan alamat server proxy dan klik tombol Simpan.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru