KONTAN.CO.ID - Simak apa itu Garansi iBox dan ketentuan klaim untuk perangkat Apple. Garansi iBox untuk iPhone dan perangkat Apple lain adalah perlindungan resmi yang diberikan oleh iBox (distributor resmi Apple di Indonesia) bagi pembelian produk baru.
Garansi iBox untuk iPhone dan perangkat Apple lainnya merupakan bentuk perlindungan resmi yang diberikan kepada pelanggan untuk memastikan produk yang dibeli bebas dari cacat pabrik dan berfungsi sesuai standar Apple.
Dengan adanya garansi ini, pengguna mendapatkan jaminan perbaikan atau penggantian komponen secara gratis sesuai ketentuan, selama masih dalam masa garansi dan memenuhi syarat klaim.
Baca Juga: Ini Cara Cek Garansi Resmi Xiaomi dan Petunjuk Klaim Pengguna
Layanan ini menjadi nilai tambah bagi pembeli, karena memastikan investasi pada perangkat Apple tetap aman dan terjaga kualitasnya.
Sehingga pengguna berhak mendapatkan perbaikan atau penggantian perangkat bila terjadi kerusakan bukan akibat kesalahan pengguna, dalam periode garansi yang berlaku.
Ketentuan Garansi iBox
Ada beberapa ketentuan dalam penerapan Garansi iBox pada perangkat Apple.
1. Masa Berlaku
- Umumnya 1 tahun sejak tanggal pembelian untuk iPhone, iPad, Mac, Apple Watch, dan perangkat Apple lain.
- Beberapa aksesori resmi Apple juga mendapat garansi 1 tahun.
2. Cakupan Garansi
- Kerusakan akibat cacat pabrik atau masalah teknis bawaan (hardware & software resmi Apple).
- Perbaikan atau penggantian suku cadang asli Apple tanpa biaya.
3. Syarat Dokumen
- Bukti pembelian resmi dari iBox atau reseller resmi.
- Nomor seri perangkat harus sesuai dengan data garansi Apple.
- Semua biaya yang timbul dan tidak terdapat dalam kebijakan garansi maka biaya tersebut akan ditanggung oleh Konsumen.
Baca Juga: iPhone 14 Pro Max Masih Bisa Saingi iPhone 15 Pro Max? Ini Dia Review Lengkapnya
Garansi yang tidak berlaku
Melansir dari laman IBox, Garansi tidak berlaku apabila tidak memenuhi syarat dan ketentuan umum berikut:
- Invoice dan Kartu Garansi asli rusak, hilang atau tidak dapat diperlihatkan.
- Nomor seri produk rusak, hilang, terdapat coretan atau tulisan tangan.
- Kerusakan pada semua bagian aksesoris yang tidak dijamin.
- Segel yang ditempel setelah perbaikan produktelah cacat, rusak atau terbuka selama masa garansi.
- Produk telah dibongkar oleh pihak lain selain pihak ibox.co.id.
- Rusak karena binatang atau serangga seperti cicak, tikus, dan sebagainya.
- Produk menjadi rusak akibat kesalahan instalasi atau penggunaan (human eror), kecelakaan, terjatuh, bencana alam, tersambar petir, terkena cairan, perubahan tegangan listrik, dan sebagainya.
Baca Juga: Cara Menghapus Cache HP Android & iPhone,Coba Langkah Ini! Aplikasi Makin Lancar
Cara Klaim Garansi iBox
1. Cek Status Garansi
Kunjungi checkcoverage.apple.com dan masukkan nomor seri perangkat.
2. Siapkan Dokumen & Perangkat
Sertakan nota pembelian dan perangkat dalam kondisi sesuai klaim.
3. Datang ke Service Center Resmi
Kunjungi iBox Service Center atau Apple Authorized Service Provider (contoh: Erajaya Service Point).
4. Proses Pemeriksaan
Teknisi akan memeriksa kerusakan. Jika memenuhi ketentuan garansi, perangkat akan diperbaiki atau diganti tanpa biaya.
5. Waktu Proses
Nah, untuk durasi biasanya 3–14 hari kerja tergantung ketersediaan suku cadang ataupun antrean.
Itulah informasi untuk mengenal apa itu Garansi iBox pada perangkat Apple hingga ketentuannya.
Tonton: Senjata Makan Tuan, Apple Terimbas Kebijakan Tarif Trump
Selanjutnya: Menyasar Pasar Menengah Atas, LG Meramaikan Pasar Vacuum Cleaner di Indonesia
Menarik Dibaca: Promo Domino's Pizza Sweet 17 Agustus 2025, Pizza Large dan Medium Diskon 45%
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News