Cara menanam bawang merah yang praktis dan mudah

Rabu, 04 November 2020 | 07:01 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara menanam bawang merah yang praktis dan mudah

ILUSTRASI. Cara menanam bawang merah cukup mudah untuk Anda coba. KONTAN/Baihaki


HOBI - JAKARTA. Bawang merah merupakan salah satu jenis bahan alami yang memiliki segudang manfaat. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mempraktikkan cara menanam bawang merah. Anda tak perlu khawatir karena bawang merah bisa ditanam dengan cara yang mudah.

Teknik “Set”

Mengutip dari Good House Keeping (goodhousekeeping.com), cara menanam bawang merah pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memakai teknik “set”. Set adalah bawang merah berukuran kecil atau bawang merah yang sudah dipanen saat belum matang.

Saat ditanam kembali, pertumbuhan bawang merah akan berlanjut. Teknik ini merupakan cara termudah untuk menanam bawang merah. Jumlah bawang merah yang dihasilkan pun cukup banyak untuk disimpan.

Anda bisa menanam set di kedalaman yang dangkal sehingga ujung bawang merah bisa terlihat saat set ditutup dengan tanah. Anda bisa mengatur jarak tiap set yang Anda tanam sejauh 4-6 inch di kebun atau pekarangan yang sudah Anda siapkan.

Baca Juga: 4 Cara menanam cabe yang mudah dilakukan

Cara Menyiram

The Royal Horticultural Society (rhs.org.uk) mengatakan bahwa bawang merah yang sudah ditanam sebaiknya disiram saat cuaca panas. Sedangkan pupuk cair diberikan sesekali saja. Anda perlu berhenti menyiram dan memberi pupuk saat bawang merah sudah membesar.

Perhatikan Medium Tanam

Cara menanam bawang merah juga perlu memerhatikan mediumnya. Anda perlu menanam bawang merah di tempat yang mendapat sinar matahari cukup dan di tanah yang subur. Namun, bawang merah tak bisa berkembang di tanah yang asam. Jadi, pastikan pH tanah di bawah 6.5.

Agar tanah menjadi lebih subur, campurkan dengan pupuk kompos terlebih dahulu. Salah satu masalah yang sering dihadapi saat menanam bawang merah dengan teknik set di alam terbuka adalah gangguan burung. Maka dari itu, pastikan untuk memberi pelindung sampai akar bawang merah muncul.

Baca Juga: Catat, inilah 4 manfaat bawang merah untuk kesehatan

Cara Memanen

Biasanya, bawang merah dipanen saat daunnya berjatuhan dan berwarna kuning. Namun, The Royal Horticultural Society justru merekomendasikan agar bawang merah dipanen sebelum daunnya menguning.

Anda bisa menempatkan bawang merah yang sudah dipanen dalam sebuah rak terlebih dahulu. Lalu, letakkan rak tersebut di bawah terik sinar matahari atau dalam ruangan dengan ventilasi yang baik. Setelah dua minggu, bawang merah akan matang secara sempurna dan bisa digunakan.

Selanjutnya: Begini cara mudah menanam daun bawang di rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru