Style

Cara Mencapai Berat Badan Ideal Selama Pandemi

Kamis, 15 Juli 2021 | 07:00 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Cara Mencapai Berat Badan Ideal Selama Pandemi

ILUSTRASI. Berat badan

KONTAN.CO.ID - Karena lebih sering berdiam diri dan berkegiatan dari rumah semasa pandemi Covid-19, berat badan naik? Jangan stress ataupun takut, Moms. Berikut cara yang bisa dilakukan agar berat badan ideal.

Dokter Putri Sakti DP, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K mengatakan berat badan yang ideal memang akan sangat membantu tubuh agar seseorang memiliki imunitas dan stamina yang optimal. Cara yang bisa dilakukan menurut Putri, yaitu dengan mengkonsumsi kalori yang sesuai kebutuhan dan menjalankan pola 4J.

“Jumlah kalori yang tepat, jenis dan komposisi makanan yang seimbang, jadwal makan teratur dan jurus pengolahan makanan yang tepat, sehat serta higienis,” ujarnya kepada Momsmoney.

Jumlah kalori yang tepat maksud dr. Putri yaitu, tidak berlebihan maupun kurang dari kebutuhan kalori harian kita. Sementara jenis dan komposisi makanan yang mengacu pada gizi seimbang artinya komplit mengandung karbohidrat komplek, protein hewani, protein nabati, lemak sehat, vitamin dan mineral yang cukup.

Sementara untuk pola jadwal makan, dr. Putri bilang sebaiknya dilakukan secara teratur dan konsisten, yaitu 3 kali makan utama dan diselingi 2 kali jadwal makanan ringan atau cemilan. dr. Putri menyebut jeda waktu antar makan utama sebaiknya per 6 jam diselingi cemilan, yang waktunya 3 jam dari makan utama. 

Baca Juga: Ini Ciri-Ciri Makanan Sehat

“Tidak kalah penting juga untuk memperhatikan jurus pengolahan makanan, yaitu mengolah makanan yang sebisa mungkin tidak terlalu banyak menurunkan kandungan nutrisi makanan dan pengolahan yang paling minimal risiko penyakitnya, seperti mengukus, merebus, memanggang. Sebaiknya batasi pengolahan seperti digoreng atau dibakar,” tutur pemilik akun @dr.putrisakti.spgk.

Tidak sampai disitu Moms, pola makan yang baik juga harus diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, lo. Yaitu dengan mengonsumsi air putih setidaknya 2 liter per hari.
Agar berat badan tetap ideal selama di rumah saja, dr. Putri menyarankan untuk Moms membatasi makanan tinggi lemak jenuh. Hal ini penting untuk membantu kita kenyang lebih tahan lama.

“Kurangi asupan berlemak, tinggi gula atau produk tepung-tepungan,” imbuhnya.

Jangan lupa juga, berolahraga rutin seperti olahraga cardio minimal 30 menit per hari selama minimal 5 kali dalam seminggu disertai minimal 2 kali olahraga muscle strengthening.

Pengaturan berat badan ideal juga memerlukan kecukupan tidur. Menurut dr. Putri, sebaiknya usahakan tidak begadang dan mencukupi tidur 7-8 jam setiap hari.

“Apabila berat badan kurang atau lebih (obesitas) sebaiknya konsultasikan ke spesialis gizi klinik untuk pengaturan defisit kalori yang tepat agar tidak mengganggu imunitas tubuh di masa pandemi,” tutup dr. Putri.

Selanjutnya: 8 Ide Memanfaatkan Sampah Kertas di Rumahmu

Editor: Jane Aprilyani
Terbaru