Cara Mengatasi SMS OTP Tidak Masuk dan Penyebabnya

Sabtu, 29 Juni 2024 | 13:30 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Cara Mengatasi SMS OTP Tidak Masuk dan Penyebabnya

ILUSTRASI. Mengatasi SMS OTP Tidak Masuk ke HP


SMARTPHONE / PONSEL PINTAR - JAKARTA. Ikuti panduan dalam mengatasi HP tidak menerima SMS OTP. Pengguna perlu mengetahui penyebab kenapa fitur SMS tidak bekerja dengan baik.

SMS ata Short Message Service merupakan protokol komunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan teks antara perangkat seluler.

Fitur SMS memiliki batasan panjang pesan, biasanya sekitar 160 karakter. Pesan yang lebih panjang mungkin dibagi menjadi beberapa pesan yang terpisah.

Pesan SMS biasanya terdiri dari teks biasa, dan dapat mencakup huruf, angka, tanda baca, dan beberapa karakter khusus. Namun, karena batasan panjangnya, pesan SMS sering kali sederhana dan singkat.

Sama seperti paket data internet,  beberapa operator telekomunikasi mungkin mengenakan biaya untuk pengiriman atau penerimaan SMS, tergantung pada rencana tarif dan paket langganan pengguna.

Baca Juga: Ini 5 Cara Cek Mutasi Rekening BCA lewat MyBCA hingga KlikBCA

Password Aplikasi

Kini dengan kecanggihan teknologi, beberapa aplikasi menggunakan keamanan secara real time lewat fitur pengiriman kode melalui SMS.

SMS OTP digunakan oleh banyak aplikasi dan layanan sebagai lapisan tambahan keamanan. Dengan mengirimkan kode verifikasi sekali pakai, mereka memastikan hanya pengguna yang sah yang dapat mengakses akun atau melakukan transaksi tertentu.

Namun, penerimaan SMS OTP tidak selalu lancar karena berbagai faktor seperti memori penuh, pengaturan blokir, atau sinyal yang terganggu.

Seperti halnya paket data internet, beberapa operator telekomunikasi mungkin mengenakan biaya untuk pengiriman atau penerimaan SMS, termasuk OTP. Biaya ini biasanya tergantung pada paket tarif dan langganan pengguna.

Sayangnya, fitur ini tidak selamanya lancar digunakan oleh pengguna. Sehingga, ketidakmampuan HP untuk menerima SMS, terutama SMS berisi OTP (One-Time Password), bisa disebabkan oleh beberapa alasan.

Baca Juga: Ini Cara Transfer ke Sesama Pengguna DANA dengan Saldo Bawaan hingga Kartu Debit

Selain itu, Anda perlu memenuhi syarat seperti biaya yang sesuai dalam pengiriman kode seperti OTP dalam bentuk SMS.

Cara mengatasi HP tidak bisa menerima SMS

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah dilansir dari laman Alphr.

1. Intip Ruang Penyimpanan

Pastikan HP Anda memiliki cukup ruang penyimpanan. Jika memori penuh, HP mungkin tidak dapat menerima SMS termasuk OTP. Solusinya Anda bisa menghapus file atau aplikasi yang tidak diperlukan untuk membebaskan ruang.

2. Periksa Daftar Blokir

Ketika nomor pengirim diblokir, Anda tidak akan menerima SMS dari nomor tersebut. Pastikan nomor pengirim OTP tidak masuk dalam daftar nomor yang diblokir di pengaturan HP Anda.

3. Matikan Mode Pesawat

Mode pesawat mematikan semua sinyal seluler, sehingga mencegah penerimaan SMS. Anda dapat nonaktifkan mode pesawat dengan mengetuk ikon pesawat di panel kontrol atau melalui pengaturan jaringan.

4. Pindahkan Kartu SIM ke Perangkat Lain

Apabila nomor tujuan OTP tidak dapat diganti, Anda bisa mencoba pindah SIM ke perangkat lain dapat membantu menentukan apakah masalah ada pada kartu SIM atau perangkat.

Pindahkan SIM ke HP lain dan coba terima SMS OTP. Jika masih tidak berhasil, mungkin ada masalah dengan kartu SIM yang memerlukan bantuan dari penyedia layanan.

5. Perbarui Sistem Operasi

Pembaruan sistem operasi dapat memperbaiki bug yang mungkin mengganggu penerimaan SMS. Anda dapat memperbarui HP Anda ke versi sistem operasi terbaru dan coba lagi.

6. Cek Pulsa atau Kredit

Beberapa layanan SMS OTP memerlukan pulsa yang cukup untuk menerima pesan. Pastikan Anda memiliki cukup pulsa atau kredit dalam akun Anda untuk menerima SMS OTP.

Demikian penjelasan terkait mengatasi SMS OTP tidak masuk yang perlu Anda kenali dan perbaiki segera.

Selanjutnya: Catat Jadwal Pembayaran Dividen Sarana Menara (TOWR) Total Rp 901 Miliar

Menarik Dibaca: Penggemar Olahraga, Tonton 7 Anime Seru Ini di Netflix Yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru