Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Bulan Puasa, Efektif Coba 4 Hal Ini

Jumat, 15 April 2022 | 13:21 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Bulan Puasa, Efektif Coba 4 Hal Ini

ILUSTRASI. Susah tidur.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Saat bulan puasa terkadang cukup banyak orang yang mengalami masalah susah tidur. Tidak usah khawatir, ada beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda coba di rumah. 

Tidur adalah cara tubuh beristirahat secara total. Tubuh disarankan untuk tidur di malam selama kurang lebih 8 jam. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengalami susah tidur di malam hari. 

Susah tidur tersebut harus segera diberi penanganan. Pasalnya, jika dibiarkan waktu istirahat Anda akan berkurang dan membuat tubuh kurang fit saat bangun tidur, apalagi saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu, sistem imun tubuh juga berkurang sehingga meningkatkan risiko terserang penyakit. 

Baca Juga: Mengandung Banyak Purin, Hati-Hati 5 Makanan Penyebab Asam Urat Ini

Melansir dari Healthline, berikut beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa Anda lakukan, di antaranya: 

Yoga 

Yoga adalah salah satu jenis olahraga meditasi yang sangat cocok untuk mengatasi susah tidur. Pasalnya, yoga membuat pikiran tenang dan menghilangkan stres yang menjadi penyebab susah tidur. 

Olahraga 

Selain yoga, Anda bisa memilih jenis olahraga lain yang Anda sukai. Pasalnya, dilansir dari Healthline ada penelitian yang menunjukan bahwa olahraga bisa meringankan insomnia atau masalah susah tidur. 

Selain menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur, olahraga juga sangat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Seperti memberikan energi, menurunkan berat badan hingga menghilangkan stres. 

Mengkonsumsi Magnesium 

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah mengkonsumsi magnesium. Pasalnya, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung magnesium bisa membuat pikiran lebih rileks dan menimbulkan rasa kantuk. 

Baca Juga: Ampuh Banget! Coba 6 Obat Ambeien yang Berbahan Alami Ini

Mengkonsumsi Metalonin

Melansir dari Healthline, selain magnesium, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung metalonin juga menjadi cara mengatasi susah tidur atau insomnia. 

Contohnya, Anda bisa mengkonsumsi semangka, pisang, anggur, kacang-kacangan atau makanan lain yang mengandung metalonin lainnya. Dengan begitu insomnia akan berkurang dan masalah susah tidur Anda bisa terselesaikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru