Cara Menggunakan Shopee PayLater sebagai Metode Pembayaran di Shopee

Selasa, 02 Agustus 2022 | 10:58 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Cara Menggunakan Shopee PayLater sebagai Metode Pembayaran di Shopee

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - Keberadaan berbagai e-commerce memang sangat memudahkan proses belanja. Jika dahulu belanja identik dengan menghabiskan waktu, sekarang tidak lagi. Hanya bermodalkan smartphone dan jaringan internet, sudah bisa berbelanja dengan mudah. Didukung lagi dengan berbagai metode pembayaran, membuatnya kian praktis.

Salah satu contoh e-commerce populer yang menyediakan berbagai metode pembayaran berbeda adalah Shopee. Mulai dari virtual account, transfer bank atau ATM, Shopee Pay, cash on delivery (COD), sampai dengan Shopee PayLater. Bagi yang sedang membutuhkan sesuatu namun uang menipis, Shopee PayLater merupakan solusi yang ditawarkan.

Shopee PayLater adalah sebuah metode pembayaran yang disediakan di Shopee yang memungkinkan pelanggan belanja terlebih dahulu, bayar nanti di bulan berikutnya. Bisa juga mencicil sesuai tenor yang dipilih. Anda bisa memilih cicilan 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan juga 12 bulan.

Fitur dari Shopee ini dikeluarkan oleh PT Commerce Finance dan menggandeng beberapa pihak lainnya. Tenang saja, Shopee PayLater sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi transaksinya aman dan diawasi. Anda sudah tidak perlu was-was lagi. Bahkan selain SPayLater, Shopee juga memberikan Spinjam dan memberikan pinjaman tunai pada penggunanya.

Selain yang sudah disebutkan, ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh Shopee PayLater atau yang biasa disingkat menjadi SPayLater. Misalnya, daftarnya sangat mudah dan hanya membutuhkan verifikasi KTP, NIK dan wajah saja.

Prosesnya juga tidak akan lama, tim terkait akan melakukan pemeriksaan hanya dalam kurun waktu 2x24 jam saja. Bahkan jika semua syarat sudah terpenuhi dengan baik, hanya dalam waktu beberapa menit saja pengajuan aktivasi SPayLater bisa disetujui.

Kelebihan lainnya, limit dari Shopee PayLater ini juga sangat menggiurkan, besarannya sampai dengan Rp50 juta, tergantung dengan tingkatan member. Awalnya, Anda akan mendapatkan limit Rp750 ribu. 

Jika ingin menaikkan limit SPayLater, ada dua cara yang bisa dilakukan. Yakni melakukan manual (pengajuan) dan otomatis. Caranya sama-sama mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak ada syarat khusus yang menyulitkan.

Bagi Anda yang belum memiliki SPayLater, berikut ini cara mengaktifkannya;

  1. Bukalah aplikasi Shopee dan klik menu Saya di beranda
  2. Carilah menu Dompet Saya lalu pilihlah SPayLater dan klik Aktifkan Sekarang
  3. Selanjutnya, masukkan kode verifikasi berupa nomor OTP yang dikirimkan ke SMS atau WhatsApp
  4. Tahapan setelahnya adalah mengunggah foto KTP
  5. Jika sudah berhasil, masukkan informasi Nama dan juga NIK, klik Konfirmasi
  6. Masukkan Informasi Tambahan lalu klik Konfirmasi lagi
  7. Proses selanjutnya adalah Verifikasi Wajah, klik Mulai Verifikasi Wajah
  8. Jika pengajuan diterima, akan ada pop up notifikasi sukses dan beberapa informasi lainnya.

Supaya proses verifikasi wajah bisa berjalan dengan mudah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Yakni, pastikan foto dan informasinya jelas dan usahakan untuk berada di tempat atau ruangan yang terang. Proses verifikasi wajah memang terkadang susah susah gampang, jadi pastikan untuk mengikuti tips yang diberikan.

Jika pengajuan SPayLater sudah diterima, Anda bisa menggunakannya untuk membeli apa saja sesuai dengan limitnya. Mulai dari berbagai barang kebutuhan rumah tangga, aneka fashion, gadget, dan lain sebagainya. Namun pastikan untuk membayar tepat waktu supaya tidak ada tambayan biasa yang dikenakan.

Bagi yang masih pertama menggunakan SPayLater dan bingung caranya, berikut ini tahapan-tahapan mudah yang bisa diikuti;

  • Carilah produk yang diinginkan di Shopee, lalu klik Beli Sekarang
  • Setelah masuk laman check-out, pilihlah Metode Pembayaran
  • Klik SPayLater dan pilihlah waktu tenggat cicilan, lalu klik Konfirmasi
  • Selanjutnya klik Buat Pesanan
  • Langkah terakhir masukkan PIN ShopeePay
  • Tinggal tunggu barang dikirimkan ke rumah 

SPayLater memang metode pembayaran yang sangat memudahkan. Nanti, Anda tinggal membayar sesuai dengan waktu cicilan yang dipilih. Jika tidak ingin pengeluaran membengkak, bisa pilih cicilan paling ringan. Namun jika ingin segera lunas, bisa pilih bayar bulan depan atau 3 bulan saja. Semuanya ada di tangan Anda.

Sudah menjadi rahasia umum jika Shopee merupakan e-commerce favorit di Indonesia yang sangat memudahkan para penggunanya. Selain itu, marketplace yang identik dengan logo warna oranye ini juga terkenal rajin menggelontorkan berbagai promo menarik. Bisa harian, bulanan, sampai hari-hari besar.

Contoh promo menarik yang sekarang sedang berlangsung adalah Shopee 8.8 Pesta Diskon Supermarket. Berlangsung dari tanggal 18 Juli sampai dengan 9 Agustus mendatang. Beberapa penawaran menariknya antara lain, bisa dapatkan tebus murah Rp5 ribu, gratis ongkir semua toko, beli 2 diskon sampai 50%, dan masih banyak lagi lainnya. 

Supaya Anda tidak ketinggalan promo 8.8 Shopee, pastikan untuk memiliki aplikasinya di smartphone. Belanja makin mudah, Anda juga tidak akan ketinggalan berbagai informasi promosi dari Shopee. Yuk instal aplikasinya sekarang juga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru