Cara Merawat Baterai Motor Listrik Agar Awet, Lakukan 8 Hal

Minggu, 16 Juni 2024 | 13:30 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Merawat Baterai Motor Listrik Agar Awet, Lakukan 8 Hal

ILUSTRASI. Pengunjung mencoba sepeda motor listrik pada Pameran otomotif Periklindo Electric Vehicles Show (PEVS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (1/5/2024). Pameran kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara tersebut diikuti 116 peserta dari merek mobil dan motor listrik, industri pendukung, hingga aksesoris kendaraan dengan target transaksi Rp400 miliar. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.


MOTOR LISTRIK - Cara merawat baterai motor listrik agar awet adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut dapat mengurangi pembiayaan dan membuat motor listrik menjadi lebih nyaman saat digunakan jika dirawat dengan baik.

Motor listrik juga semakin populer di kalangan pengendara karena ramah lingkungan dan hemat energi. Salah satu komponen paling vital dalam motor listrik adalah baterainya. 

Agar motor listrik tetap berkinerja optimal dan baterai dapat bertahan lama, perawatan yang tepat diperlukan.

Baca Juga: Manfaat Daun Ketumbar untuk Mengontrol Gula Darah, Cek 7 Khasiatnya

Melansir dari Tromox, motor listrik memerlukan perawatan berkala agar tetap dalam kondisi terbaik dan memperpanjang umurnya.

Untuk itu, berikut beberapa cara merawat baterai motor listrik agar awet dan tahan lama:

1. Menggunakan Charger yang Tepat

Penting untuk menggunakan charger yang direkomendasikan oleh produsen motor listrik Anda. Charger yang tepat akan membantu menjaga kesehatan baterai dengan mengisi daya secara optimal dan mencegah overcharging yang dapat merusak baterai.

2. Hindari Pengisian Daya Berlebihan

Jangan biarkan baterai terlalu lama terhubung ke charger setelah baterai penuh terisi. Overcharging dapat mengakibatkan penurunan kapasitas baterai dan mempercepat proses degradasi.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Cacingan Alami yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

3. Jaga Suhu Baterai

Suhu berlebih dapat merusak baterai. Hindari meninggalkan motor listrik Anda di bawah sinar matahari langsung atau di tempat yang sangat panas. Suhu yang terlalu rendah juga dapat mempengaruhi kinerja baterai, jadi pastikan motor disimpan di tempat yang hangat saat suhu ekstrem.

4. Hindari Depleted Battery

Selalu hindari menggunakan baterai hingga terlalu habis (depleted) sebelum mengisi ulang. Siklus pengisian daya yang terlalu dalam dapat mempercepat degradasi baterai. Usahakan untuk mengisi daya baterai saat masih tersisa sekitar 20-30% kapasitasnya.

5. Pemeliharaan Rutin

Lakukan pemeliharaan rutin sesuai dengan petunjuk produsen. Ini bisa termasuk pemeriksaan visual terhadap baterai, penggantian komponen yang rusak, dan pembersihan terminal baterai untuk menjaga koneksi yang baik.

Baca Juga: Cara Mengobati Diare Anak, Coba 6 Obat Diare Alami Berikut

6. Hindari Penggunaan Berlebihan

Hindari menggunakan motor listrik Anda untuk beban yang melebihi kapasitas yang disarankan. Hal ini dapat menyebabkan tegangan berlebih dan mempercepat degradasi baterai.

7. Simpan Baterai dengan Benar

Jika Anda tidak akan menggunakan motor listrik untuk waktu yang lama, pastikan untuk menyimpan baterai dalam kondisi yang sesuai. Biasanya, baterai sebaiknya disimpan dalam keadaan yang terisi sebagian (sekitar 50%) dan di tempat yang kering serta bersuhu stabil.

Baca Juga: Manfaat Kapulaga Untuk Melancarkan Pencernaan, Ada 8 Khasiat Penting

8. Perhatikan Indikator Kesehatan Baterai

Jika motor listrik Anda dilengkapi dengan fitur indikator kesehatan baterai, gunakanlah untuk memantau kondisi baterai secara berkala. Jika ada tanda-tanda penurunan kinerja atau masalah lain, segera periksakan ke ahli.

Merawat baterai motor listrik secara tepat akan membantu memperpanjang umur pakainya, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman berkendara yang lebih baik dan lebih tahan lama. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa baterai motor listrik Anda tetap dalam kondisi optimal selama bertahun-tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru