kFACEBOOK - Simak cara monetisasi Konten Facebook Pro pada versi Beta. Dalam era digital saat ini, media sosial tidak hanya menjadi sarana komunikasi, tetapi juga menjadi lahan produktif untuk menciptakan penghasilan.
Salah satu inovasi dari Facebook yang mendukung para kreator konten adalah fitur FB Pro (Facebook Professional Mode).
FB Pro (Facebook Professional Mode) merupakan fitur dari Facebook yang memungkinkan pengguna mengubah profil pribadi mereka menjadi akun profesional.
Baca Juga: Cara Dapat Uang dari Facebook dengan Klaim Saldo Dana Gratis Reels, Coba Sekarang!
Dengan mengaktifkan mode profesional ini, pengguna dapat mengakses berbagai alat bantu untuk membangun audiens, menganalisis performa konten, serta memonetisasi aktivitas mereka secara langsung.
Fitur ini menjadi peluang besar bagi siapa pun yang ingin serius mengembangkan personal branding dan meraih penghasilan melalui platform Facebook.
Fitur Utama FB Pro
Dengan mengaktifkan mode Pro, kreator konten dapat mengakses berbagai alat dan fitur yang dirancang untuk mengakses layanan ini.
- Dasbor Profesional: Menyediakan analitik mendalam tentang performa konten dan interaksi audiens.
- Penjadwalan Konten: Memungkinkan kreator menjadwalkan postingan untuk waktu tertentu.
- Pengelolaan Komunitas: Opsi untuk membuat dan mengelola grup atau komunitas.
- Fitur Monetisasi: Akses ke berbagai opsi monetisasi seperti iklan in-stream, langganan penggemar, dan konten bermerek.
- Siaran Langsung Berkualitas Tinggi: Kemampuan untuk melakukan live streaming dengan kualitas lebih baik.
- Interaksi dengan Pengikut: Alat untuk berinteraksi dengan pengikut secara lebih efektif.
Baca Juga: Begini Cara Mengubah Nama di Facebook ya, Ini yang Paling Tepat Dijamin Berhasil
Opsi Monetisasi di FB Pro
Ada beberapa penjelasan terkait opsi menguangkan halaman Facebook Pro.
Lewat Audiens
- Iklan di Reels: Menyisipkan iklan di antara video Reels yang ditonton oleh pengguna.
- Kemitraan Merek: Bekerja sama dengan merek untuk konten bersponsor.
- Donasi dan Merchandise: Menerima donasi langsung dari penggemar atau menjual merchandise melalui platform pihak ketiga.
Lewat Sistem Monetisasi Facebook
- Langganan Penggemar: Memungkinkan pengikut untuk berlangganan dengan biaya bulanan untuk konten eksklusif.
- Bintang (Stars): Penggemar dapat mengirim bintang sebagai bentuk dukungan finansial selama live streaming atau pada konten tertentu.
- Iklan In-Stream: Menampilkan iklan saat melakukan Live Streaming dengan syarat ketentuan tertentu.
Baca Juga: Ini 4 Cara Hapus Akun Medsos Twitter X, Instagram, Facebook, sampai TikTok
Syarat dan Ketentuan Monetisasi
Untuk dapat memonetisasi konten melalui FB Pro, kreator harus memenuhi beberapa persyaratan:
- Usia dan Lokasi: Berusia minimal 18 tahun dan berada di negara yang mendukung program monetisasi Facebook.
- Kepatuhan terhadap Kebijakan: Konten harus mematuhi Kebijakan Monetisasi Konten Facebook, termasuk tidak mengandung kekerasan, konten seksual eksplisit, atau pelanggaran hak cipta.
- Konten Original: Mengunggah konten yang orisinal dan tidak melanggar hak cipta pihak lain.
- Autentikasi Akun: Akun harus diverifikasi dan menggunakan nama asli atau nama brand yang dikenal.
Jenis Monetisasi yang Bisa Didapatkan
Untuk membuka fitur Monetisasi ada beberapa ketentuan terkait besaran penghasilan yang bisa didapatkan.
1. Gift Bintang
Setiap Star atau Bintang yang Anda terima, Facebook akan memberi Anda $0,01 USD atau sekitar Rp156.
Anda harus lulus dan tetap mematuhi Kebijakan Monetisasi Mitra dan Kebijakan Monetisasi Konten Facebook. Pengguna harus memiliki 500 pengikut setidaknya selama 30 hari berturut-turut.
Pastikan Anda harus berusia minimal 18 tahun karena terdapat verifikasi ulang dengan ID seperti KTP.
Baca Juga: Ini Cara Mengunci Profil Facebook untuk Keamanan Pengguna
2. Iklan di Video on Demand
Pastikan pengguna mencapai total 60.000 menit konten dilihat dalam 60 hari terakhir. Ini dapat mencakup video sesuai permintaan, siaran langsung, atau siaran langsung sebelumnya. Ini tidak termasuk menit yang dilihat dari waktu tonton yang diposkan silang, ditingkatkan, atau berbayar.
Selain itu, halaman FB Pro memiliki setidaknya 5 video aktif. Video bisa on-demand atau sudah tayang sebelumnya, namun tidak termasuk video aktif yang diposkan silang.
3. Iklan di Siaran Langsung
Anda dapat mengakses Siaran Langsung dengan minimal 10.000 pengikut. 600.000 total menit ditonton dalam 60 hari terakhir dengan setidaknya 60.000 menit dari total 600.000 menit ditonton dari video langsung.
Halaman memiliki setidaknya 5 video aktif, termasuk setidaknya 3 video siaran langsung sebelumnya, yang Anda buat. Ini tidak termasuk video aktif yang diposkan silang.
Itulah penjelasan terkait monetisasi Konten Facebook Pro pada versi Beta dan panduannya.
Tonton: Peta Model Perdagangan Baru Dunia Pasca Tarif Trump
Selanjutnya: Genjot Kinerja, PTPP Divestasi Anak Usaha Hingga Lepas Jalan Tol
Menarik Dibaca: Promo Wingstop Mantapnya Juara, Paket Menu Hemat Mulai Rp 35.000-an Saja Per Orang
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News