Cara Mudah Buka Deposito Suku Bunga Spesial, Mulai Rp500 Ribu

Selasa, 01 Maret 2022 | 16:47 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Cara Mudah Buka Deposito Suku Bunga Spesial, Mulai Rp500 Ribu

ILUSTRASI. Mempermudah buka rekening deposito denga suku bunga yang menarik & mulai dengan nominal yang minimum


KONTAN.CO.ID - Deposito berjangka menjadi salah satu cara menyimpan uang di bank dengan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Bedanya dengan tabungan, dana yang disimpan di deposito berjangka hanya dapat diambil atau dicairkan dengan jangka waktu dan syarat tertentu. Umumnya, nasabah akan dikenakan penalti jika mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Namun, bagi nasabah yang menabung dengan tujuan tertentu seperti mencicil DP rumah, kendaraan, atau biaya pendidikan, hal ini justru menguntungkan. Dengan adanya penalti, nasabah akan berpikir ulang sebelum mencairkan deposito dan dana lebih aman tersimpan di deposito hingga saatnya digunakan.

Sebagai instrumen investasi, deposito berjangka juga menjadi salah satu pilihan investasi yang paling mudah dan risikonya relatif rendah. Deposito berjangka memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk perbankan lainnya. Selain itu, pembayaran simpanan deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menurut ketentuan dan persyaratan yang diatur LPS. Risiko investasi deposito berjangka pun lebih rendah dibandingkan investasi lain seperti saham yang fluktuatif mengikuti pergerakan pasar.

 

Mulai Rp500 ribu

Meski demikian, nasabah kerap terkendala persyaratan dana minimum yang cukup besar untuk buka deposito. Umumnya, nasabah harus menyetorkan dana minimum Rp5 juta untuk buka deposito berjangka di bank. Nasabah membutuhkan waktu serta komitmen untuk mengumpulkan dana minimum deposito tersebut. Dengan berbagai kebutuhan hidup yang kadang muncul tiba-tiba atau pos tabungan habis untuk hal konsumtif, bisa-bisa deposito tak kunjung terwujud.

Melihat permasalahan nasabah ini, J Trust Bank memberikan solusi dengan menyediakan Deposito Bunga Special Rate. Sekarang, tak perlu dana jutaan rupiah untuk buka deposito. Dengan dana minimum Rp500 ribu dan maksimum Rp20 juta, nasabah sudah bisa buka deposito di J Trust Bank. Program ini berlaku bagi nasabah baru atau nasabah lama atas nama perorangan. Syaratnya pun mudah, cukup dengan buka tabungan di J Trust Bank, maka nasabah sudah bisa menempatkan dana di Deposito Bunga Special Rate ini.

 

Bunga lebih tinggi

Selain jumlah penempatan dana deposito yang minim, Deposito Bunga Special Rate dari J Trust Bank memberikan suku bunga yang lebih tinggi dibanding deposito lainnya. Produk deposito dari bank lain rata-rata memberikan suku bunga di bawah 3%. Nasabah yang ingin membuka Deposito Bunga Special Rate di J Trust Bank dapat memilih menempatkan dananya dengan jangka waktu (tenor) 3 bulan atau 6 bulan. Untuk tenor 3 bulan, suku bunganya 4,5% per tahun sedangkan untuk tenor 6 bulan, suku bunganya 4,75% per tahun.

Hasil bunga deposito tetap akan dikenakan pajak 20% sesuai ketentuan. Sebagai contoh penghitungan bunga Deposito Bunga Special Rate, mari kita lihat ilustrasi berikut.

Nasabah membuka Deposito Bunga Special Rate 7 Maret 2022 dengan nominal Rp20 juta. Ia memilih deposito tenor 6 bulan sehingga jatuh temponya 7 September 2022. Dengan suku bunga 4,75% per tahun dan asumsi rata-rata hari per bulan adalah 30 hari, maka penghitungan bunga dalam enam bulan:

Bunga (gross) = Rp20.000.000 X 4,75% X 180 hari = Rp468.493

365

Pajak 20% = Rp468.493 X 20% = Rp93.698

Bunga (Net): Rp468.493 - Rp93.698 = Rp374.795

Jika dibayarkan setiap bulan (gross) = Rp468.493/6 = Rp78.082

Bunga (Net): Rp78.082 – Rp15.616 = Rp62.466

 

Periode terbatas

Cukup menarik, bukan? Karena Deposito Bunga Special Rate masuk kategori deposito berjangka, nasabah hanya dapat mencairkannya pada saat jatuh tempo. Namun, jika terpaksa dan nasabah perlu mencairkan deposito sebelum jatuh tempo, nasabah tetap bisa melakukannya dengan dikenakan penalti. Penalti atau denda ini hanya dikenakan pada bulan berjalan dengan memberikan suku bunga yang sama dengan suku bunga tiering Tabungan J Trust Bank yang berlaku.

Perlu dicatat, program Deposito Bunga Special Rate dari J Trust Bank ini hanya berlangsung selama periode 1 hingga 31 Maret 2022. Cukup dengan buka tabungan di J Trust Bank dan menempatkan dana minimum Rp500 ribu, Anda sudah bisa buka deposito untuk menyimpan dana dengan aman dan menguntungkan. Jadi, tunggu apa lagi? Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id atau hubungi J Trust Call 1500 615 untuk informasi lebih lanjut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ridwal Prima Gozal

Terbaru