Cara mudah mengecek kecepatan internet, bisa di PC dan HP

Jumat, 30 Oktober 2020 | 09:50 WIB   Penulis: Arif Budianto
Cara mudah mengecek kecepatan internet, bisa di PC dan HP

ILUSTRASI. Cara mudah mengecek kecepatan internet, bisa di PC dan HP


KONTAN.CO.ID - Sejak pandemi Corona melanda, beberapa kegiatan terpaksa dialihkan secara online, termasuk meeting online maupun sekolah online. Oleh karena itu internet menjadi kebutuhan yang cukup penting saat ini.

Sebelum terhubung dan melakukan berbagai kegiatan di internet, ada baiknya untuk mengecek kecepatan internet terlebih dahulu. Simak cara mudah mengecek kecepatan internet, bisa dicoba lewat HP maupun PC.

Internet dewasa ini menjadi salah satu kebutuhan tidak boleh dilewatkan begitu saja. 

Dengan kecanggihan teknologi yang berkembang begitu pesat, berbagai hal bisa kita lakukan lewat internet. Terlebih ketika pandemi corona melanda, sebagian kegiatan yang umumnya dilakukan yang umumnya dilakukan secara tatap muka dialihkan secara online.

Contohnya seperti meeting online, sekolah online bahkan acara musik juga digelar secara online. Tidak heran saat ini internet menjadi kebutuhan yang cukup penting.

Provider atau penyedia jasa internet di Indonesia juga beragam. Anda bisa menggunakan layanan internet rumahan dengan jaringan wifi atau menggunakan internet seluler dengan membeli paket data.

Lalu, bagaimana cara mengetahui koneksi internet yang Anda gunakan itu cepat dan stabil?

Baca Juga: Microsoft hapus Adobe Flash Player lewat update terbaru Windows 10, kenapa?

Cukup mudah, ada beberapa cara untuk mengecek kecepatan internet. Berikut cara mudah mengecek kecepatan internet bisa lewat PC dan HP.

Mengunjungi situs Speedtest.net

Speedtest

Salah satu cara mudah untuk mengecek kecepatan internet yaitu lewat situs Speedtest.net. Anda bisa kunjungi situs tersebut, kemudian klik Mulai.

Setelah melakukan pengujian, hasil pengujian kecepatan internet yang Anda gunakan akan muncul.

Di HP Anda juga bisa mengunjungi situs tersebut. Anda juga bisa download aplikasi Speedtest yang tersedia di toko aplikasi, baik Appstore maupun Playstore.

Cek kecepatan internet lewat kolom pencarian Google

Speedtest Google

Tanpa mengunjungi situs tertentu, Anda juga bisa mengecek kecepatan internet lewat kolom pencarian Google.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal masukan kata kunci "speedtest" atau hal yang berkaitan dengan kecepatan internet di kolom pencarian Google.

Kemudian akan muncul tampilan "Uji kecepatan internet". Anda tinggal klik "JALANKAN UJI KECEPATAN", setelah pengujian selesai, kecepatan internet yang Anda gunakan akan muncul.

Mengunjungi situs Fast.com

Speedtest Fast.com

Selain Speedtest, ada situs lain yang bisa Anda kunjungi untuk mengecek kecepatan internet yang digunakan. 

Adalah Fast.com, situs ini secara otomatis akan mengecek kecepatan internet yang Anda gunakan ketika pertama kali membukanya.

Setelah pengecekan selesai, hasil akhir kecepatan internet yang Anda gunakan akan muncul. Anda juga bisa mengulanginya lagi untuk memastikan seberapa cepat koneksi internet yang Anda gunakan.

Apaka hasilnya tetap sama atau terjadi penurunan atau peningkatan.

Mengunjungi situs CBN

Speedtest CBN

Sama seperti situs lainnya untuk mengecek kecepatan internet. Anda juga bisa mengunjungi situs CBN untuk mengecek kecepatan internet yang digunakan.

Tinggal klik "GO" untuk melakukan pengujian kecepatan internet yang Anda gunakan. Setelah pengujian selesai, hasil kecepatan internet yang Anda gunakan akan muncul.

Anda juga bisa mengunjungi situs tersebut lewat browser di HP.

Baca Juga: Microsoft paksa pengguna Internet Explorer beralih ke Microsoft Edge

Mudah bukan? Cara di atas bisa Anda coba langsung untuk mengecek seberapa cepat koneksi internet yang Anda gunakan. Apabila kecepatan internet yang Anda gunakan tidak sesuai dengan paket langganan, Anda bisa hubungi customer service provider terkait.

Selamat mencoba!

Selanjutnya: Hore libur panjang! berikut deretan game terbaru yang bisa menemani liburan di rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru