HOME

Cara mudah menghubungkan laptop ke proyektor di Windows 10

Sabtu, 26 September 2020 | 13:00 WIB   Reporter: Arif Budianto
Cara mudah menghubungkan laptop ke proyektor di Windows 10

KONTAN.CO.ID - Anda masih bingung, bagaimana cara menghubungkan laptop ke proyektor di Windows 10? Cukup mudah, ikuti tips berikut ini.

Di saat-saat tertentu, Anda pasti membutuhkan proyektor untuk melakukan presentasi atau kegiatan sejenis yang membutuhkan layar lebar.

Di sisi lain, terkadang Anda juga membutuhkan dual display alias dua layar untuk kebutuhan tertentu untuk meningkatkan produktivitas.

Untuk itu, kami memberikan sedikit tips mudah untuk menghubungkan laptop ke proyektor di Windows 10. Tips ini bisa Anda coba juga untuk menghubungkan laptop dengan monitor.

Sebelum menghubungkan laptop dengan proyektor, Anda perlu mengetahui port yang mendukung. Umumnya proyektor masih menggunakan port VGA, ini merupakan port yang cukup mainstream.

Baca Juga: Begini cara mengganti background Zoom di laptop, biar rapat online lebih menarik

Namun, laptop sekarang sudah mulai meninggalkan port VGA. Lalu bagaimana solusinya? Anda perlu peralatan tambahan yang disebut converter VGA to HDMI.

ILUSTRASI: Converter HDMI to VGA

Di pasaran alat ini dijual dengan harga yang cukup murah. Di e-commerce lokal, Anda bisa mendapatkannya dengan harga berkisar Rp 60.000 saja.

Jika sudah memiliki converter tersebut, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut.

Baca Juga: Ini harga laptop Acer SSD paling murah September 2020, cocok untuk WFH dan PJJ

Cara menghubungkan laptop ke proyektor

Sebagai tambahan informasi, jika laptop Anda memiliki port VGA tingal colok saja tidak perlu converter. Berikut cara menghubungkan laptop ke proyektor:

  1. Colok converter VGA to HDMI ke laptop. Jika laptop memiliki colokan atau port VGA tinggal colok saja.
  2. Colok kabel VGA proyektor ke converter atau langsung ke laptop jika mendukung.
  3. Jika sudah terhubung tekan tombol Windows (keyboard berlogo windows) + P.
  4. Pilih output yang Anda inginkan.
  5. Selamat! Anda bisa menampilkan apa yang ada di laptop ke proyektor.

Di Windows 10 terdapat beberapa opsi untuk menampilkan apa yang ada di laptop ke proyektor. Berikut opsi di Windows 10 untuk menampilkan ke proyektor:

  • PC Screen Only, opsi ini bisa Anda pilih jika belum siap menampilkan apapun di proyektor. Jadi display hanya tampil di laptop Anda saja.
  • Duplicate, opsi ini bisa Anda pilih jika ingin menampilkan ke proyektor dengan tampilan yang sama persis dengan laptop. Sesuai dengan namanya dupliacate alias duplikasi.
  • Extend, opsi ini bisa Anda pilih untuk memperluas layar Anda. Jadi tampilan layar jauh lebih luas, Anda bisa menampilkan presentasi di proyektor, sementara layar laptop untuk browsing misalnya.
  • Second Screen Only, opsi ini akan menampilkan layar proyektor sebagai layar utamanya. Sementara layar laptop akan mati.

Mudah bukan? Anda bisa memilih opsi sesuai yang dibutuhkan. 

Selamat mencoba!

Selanjutnya: Untuk adik-adik yang lagi PJJ, daftar harga laptop Acer paling murah September 2020

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru