Cara Tes Keyboard Laptop atau PC dengan Mudah, Praktis Tanpa Aplikasi Tambahan

Senin, 22 Juli 2024 | 11:45 WIB   Penulis: Arif Budianto
Cara Tes Keyboard Laptop atau PC dengan Mudah, Praktis Tanpa Aplikasi Tambahan

ILUSTRASI. Cara Tes Keyboard Laptop atau PC dengan Mudah, Praktis Tanpa Aplikasi Tambahan


TIPS & TRIK - Cara tes keyboard laptop atau PC dengan mudah, praktis tanpa aplikasi tambahan. Modal browser, Anda dapat mengunjungi situs keyboard test yang dapat diakses secara gratis untuk mengetahui apakah keyboard di laptop atau PC Anda berfungsi dengan baik atau tidak.

Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan HP, mengetik atau melakukan input tertentu tidak membutuhkan perangkat tambahan. Tinggal menyentuh layar, papan tombol virtual akan muncul dan Anda dapat mengetik dengan mudah di HP, tablet, atau perangkat tertentu yang mendukung layar sentuh.

Sementara itu, di laptop atau PC atau komputer, Anda membutuhkan yang namanya keyboard atau papan tombol. Selain mouse atau touchpad, keyboard merupakan salah satu perangkat vital yang harus ada di laptop atau komputer.

Tanpa keyboard, laptop atau PC Anda akan kesulitan untuk mengetik atau mengerjakan sebagian besar tugas maupun pekerjaan yang berhubungan dengan input. Begitu pula saat bermain game, keyboard merupakan komponen wajib yang digunakan sebagai kontroler.

Bicara tentang keyboard, mungkin sebagian pengguna menemukan kendala atau eror pada keyboard laptop maupun PC yang digunakan. Entah tidak bisa input beberapa huruf atau karakter, tiba-tiba input sendiri secara random hingga input huruf tertentu yang muncul dua atau bahkan lebih.

Baca Juga: Simak 3 Cara Top Up Game ML, Beli Diamond Bisa Lewat Mana Saja? Begini Penjelasannya

Ada banyak hal yang menyebabkan keyboard eror atau tidak berjalan semestinya. Tidak jarang kecelakaan seperti ketumpahan minuman atau memang sudah umurnya menjadi faktor utama yang menyebabkan keyboard tidak berjalan normal.

Belum lagi kalau jarang dibersihkan, debu yang menumpuk kemungkinan juga membuat tombol-tombol keyboard tidak bisa ditekan atau butuh usaha ekstra untuk menekannya.

Bagi Anda yang mungkin mengalami kendala dengan keyboard di laptop atau PC, berikut ini cara mudah untuk mengetahui apakah keyboard Anda benar-benar eror atau tidak tanpa aplikasi tambahan.

Cara tes keyboard laptop atau PC tanpa aplikasi:

Situs Key-Test untuk mengetes keyboard pada laptop atau PC

  1. Langkah pertama, buka aplikasi browser di laptop atau PC Anda, misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Microsoft Edge atau browser lain favorit Anda
  2. Pada mesin pencari, gunakan kata kunci "keyboard test"
  3. Hasilnya akan menampilkan situs untuk mengetes keyboard, Anda dapat mengunjungi salah satunya, misalnya situs Key-Test yang linknya sebagai beriktu: https://en.key-test.ru/
  4. Sekarang tekan semua tombol yang ada di keyboard laptop atau PC Anda

Jika tampilan keyboard yang muncul pada situs keyboard test berwarna putih, akhirnya tombol tersebut berhasil diinput. Nah, jika Anda menemukan tombol yang ternyata sudah ditekan tetapi tidak berubah berwarna putih, artinya tombol tersebut bermasalah.

Baca Juga: Begini Cara Menambahkan Chat atau Grup ke Favorit di WA Agar Mudah Ditemukan

Cek juga apakah tombol yang Anda input sudah sesuai, misalnya tekan "A" satu kali, harusnya yang muncul juga huruf A. Jika yang muncul dua huruf atau lebih, maka tombol keyboard tersebut juga mengalami permasalahan.

Jika keyboard Anda mengalami eror setelah melakukan tes di atas, Anda dapat memanfaatkan virtual keyboard bawaan yang ada di laptop atau PC. Setidaknya dapat menjadi solusi sementara yang hemat sebelum memutuskan untuk beli keyboard baru sesuai dengan kebutuhan.

Demikian informasi tentang bagaimana cara tes keyboard laptop atau PC dengan mudah tanpa aplikasi tambahan. Akhir kata, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru