Cari aplikasi meeting online gratis tanpa registrasi? Ini 4 di antaranya

Selasa, 14 April 2020 | 07:57 WIB Sumber: Kompas.com
Cari aplikasi meeting online gratis tanpa registrasi? Ini 4 di antaranya

ILUSTRASI. Saat pemberlakuan kerja di rumah dan belajar di rumah untuk pelajar berbagai macam aplikasi digunakan untuk mengibur diri atau pun sebagai media belajar. KONTAN/Muradi/2020/04/07


MEDIA SOSIAL - JAKARTA. Di tengah pandemi corona, tak sedikit pengguna yang memanfaatkan aneka platform video conference untuk sekadar berkomunikasi dengan kerabat atau rapat secara virtual dengan kolega.

Beragam platform pun tersedia dan bisa dipakai secara cuma-cuma, seperti Zoom Meetings, Hangouts Meet, Messenger, hingga Cisco Webex. Meski demikian, sebagian besar penyedia video conference, mengharuskan penggunanya memiliki akun untuk bisa menikmati layanan di platform tersebut.

Nah, tahukah Anda bahwa ada sejumlah situs yang mengizinkan Anda untuk melakukan konferensi video bersama keluarga atau rekan kerja tanpa harus mengunduh dan registrasi aplikasi terkait?

Platform tersebut menawarkan kemudahan semacam one-click meeting, artinya pengguna cukup mengunjungi situs yang dimaksud untuk bisa langsung membuat ruangan rapat digital. 

Berikut ini adalah beberapa platform untuk konferensi video tanpa harus registrasi atau mengunduh aplikasi, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheNextWeb, Senin (13/4/2020).

1. Skype

Siapa yang tak kenal Skype? Platform video conference besutan Microsoft ini ternyata juga bisa dipakai untuk berkumpul secara online bersama 49 teman Anda sekaligus tanpa harus registrasi. Anda cukup mengunjungi situs Skype di tautan berikut, klik tombol "Create a free meeting" > "Start a call" > dan "Join as guest".

Setelah itu, masukkan nama Anda dan klik tombol "Join".  untuk membuat ruangan. Jika ingin mengundang orang lain, Anda bisa dengan mudah menyalin tautan yang tercantum di kotak alamat URL dan membagikannya ke keluarga atau kerabat. 

2. Jitsi Meet

Jitsi merupakan platform telekonferensi berbasis open-source yang mampu menampung hingga 75 peserta. Untuk menikmati Jitsi, Anda bisa mengunjungi tautan berikut. Kemudian, tulis nama ruangan virtual yang Anda inginkan di kolom "Start a new meeting" dan klik tombol "Go".

Beberapa saat kemudian, Anda akan disodorkan dengan tampilan ruangan Jitsi. Salin dan bagikan tautan ruangan tersebut ke orang lain apabila ingin meramaikan suasana. 

Editor: Yudho Winarto

Terbaru