Gadget

Cari dan putar lagu lebih mudah menggunakan Spotify, cukup katakan Hey Spotify

Kamis, 08 April 2021 | 14:43 WIB   Penulis: Arif Budianto
Cari dan putar lagu lebih mudah menggunakan Spotify, cukup katakan Hey Spotify

ILUSTRASI. Cari dan putar lagu lebih mudah menggunakan Spotify cukup katakan Hey Spotify.

KONTAN.CO.ID - Spotify bakal kedatangan fitur yang bakal mempermudah memutar lagu, cukup dengan menggunakan suara. Cukup dengan mengatakan "Hey Spotify" dilanjutkan judul lagu atau penyanyi, Anda bisa memutar lagu favorit dengan mudah.

Dewasa ini, memutar lagu kian mudah menggunakan beberapa platform streaming musik yang tersedia. Spotify salah satunya. Lewat aplikasi ini, Anda bisa mencari koleksi lagu yang begitu beragam dan tentu saja gratis.

Beragam genre musik bisa Anda nikmati lewat Spotify hingga podcast eksklusif yang ada di dalamnya. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna Spotify, kabarnya aplikasi tersebut bakal menambahkan asisten layaknya Google Assistant.

Cukup mengatakan "Hey Spotify", Anda bisa mencari dan memutar lagu favorit lewat Spotify. Tak perlu lagi ribet mengetik judul lagu atau penyanyi, cukup dengan suara Anda bisa menikmati ribuan koleksi musik di Spotify.

Melansir GSMArena, smartphone Samsung Galaxy S21+ mendapatkan notifikasi terkait fitur "Hey Spotify". Notifikasi tersebut menyebutkan, pengguna cukup mengatakan "Hey Spotify" diikuti judul lagu atau penyanyi untuk mencari dan memutar lagu via suara.

Baca Juga: Ratusan lagu K-Pop tiba-tiba menghilang, Spotity angkat bicara

Tampilan Hey Spotify di aplikasi Spotify

Meskipun memanfaatkan suara, microphone yang ada di smartphone tidak selamanya hidup dan merekam percakapan Anda. Fungsi "Hey Spotify" hanya aktif ketika aplikasi Spotify masih aktif di smartphone pengguna. 

Pun demikian, untuk mengaktifkan "Hey Spotify" juga bisa lewat tombol atau mengizinkan akses microphone pada smartphone pengguna.

Sebenarnya, ini bukanlah pertama kalinya fitur pencarian via suara diterapkan di Spotify. Fitur pencarian lagu via suara sebelumnya telah ada sejak 2019 untuk pengguna Spotify Premium. 

Sementara bukti fitur "Hey Spotify" kabarnya telah ditemukan sejak Maret 2020 lalu.

 

Dengan tambahan fitur "Hey Spotify", pengguna Spotify bakal lebih aktif menggunakan suara untuk mencari lagu favoritnya dibanding mengetik. Fitur ini kabarnya tersedia untuk seluruh pengguna Spotify, baik di Android maupun di iOS (iPhone & iPad).

Apakah Spotify di smartphone Anda sudah mendapatkan notifikasi "Hey Spotify"?

Selanjutnya: Fitur baru WhatsApp, bisa pindahkan chat history dari HP Android ke iOS

Editor: Arif Budianto
Terbaru