Cari lagu di Google semakin mudah hanya tinggal bersenandung atau bersiul

Senin, 19 Oktober 2020 | 08:30 WIB Sumber: 9To5Google
Cari lagu di Google semakin mudah hanya tinggal bersenandung atau bersiul


GOOGLE - Sebagian dari kalian mungkin terkadang bingung ketika ada lagu yang terbesit di kepala tetapi tidak tahu judul lagunya. Google punya soluisnya, mereka baru saja mengumumkan fitur keren bisa mencari lagu hanya dengan bersenandung.

Mencari judul lagu menjadi sesuatu hal yang bisa dibilang sulit, namun sebenarnya juga mudah. Tidak jarang ada lagu yang terngiang di kepala Anda namun tidak tahu judul lagunya. Apakah kita harus bersenandung dengan teks untuk mencari judul lagunya di Google? Tidak, Google baru saja menemukan solusinya, sekarang kalian bisa mencari lagu lewat Google hanya dengan bersenandung.

Tidak hanya bersenandung, Anda juga bisa bersiul untuk mencari lagu lewat Google. 

Mengutip dari 9to5Google.com, fitur ini diperkenalkan dalam ajang Google Search On 2020, event Google untuk memperkenalkan inovasi teknologi terbarunya.

Baca Juga: Menurut survei, berikut ini alasan pengguna Android rela beralih ke iOS

Caranya cukup mudah, pengguna ponsel pintar Android atau iPhone tinggal bersiul, bersenandung atau semacamnya ketika membuka aplikasi Google.

Lalu ketuk ikon microphone dan pilih "Search Song", setelah itu tinggal bersenandung atau bersiul.

Pengguna diminta merekam senandung atau siulan selama 10-15 detik. 

Setelah itu Google akan mendeteksi kemiripan senandung Anda dengan lagu yang mereka temukan. 

Baca Juga: Ingin Fokus di Segmen Atas, Huawei Menawarkan Merek Honor

Google akan menampilkan deretan lagu dengan presentasi kecocokannya masing-masing. Anda juga bisa memastikan apakah lagu yang ditampilkan sesuai dengan apa yang di cari dengan mengetuknya.

Ketika Anda ketuk lagu tersebut, informasi terkait lagu akan muncul seperti penyanyinya hingga seperti apa lagu tersebut ketika di dengarkan.

Semakin tinggi presentasi kecocokannya, berarti lagu tersebut sesuai dengan yang Anda cari.

ILUSTRASI: Google Search Song

Menurut Google, fitur ini pertama kali diumumkan sejak tahun 2017 lalu untuk ponsel besutannya Pixel 2.

Dikembangkan oleh tim Riset AI (Artificial Intelligence) menggunakan metode pembelajaran mesin yang meniru cara kerja otak manusia disebut deep learning networks.

Fitur ini sudah bisa kalian coba sekarang juga loh di HP Android maupun iOS. Untuk pengguna Android mendapatkan dukungan hingga 20 bahasa sementara di iOS hanya mendukung bahasa Inggris saja.

Selamat mencoba! Silahkan tuangkan senandung yang selalu terbesit di kepala Anda lewat Google untuk mencari lagu favorit.

Selanjutnya: Hasil akhir grand final MPL ID Season 6, RRQ Hoshi kembali menjadi juara!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru