Catat, ada festival khas Minang di lap Banteng

Rabu, 07 Desember 2016 | 15:10 WIB   Reporter: M David Kurniawan
Catat, ada festival khas Minang di lap Banteng


JAKARTA. Kamu suka wisata kuliner? Jangan lewatkan Festival Jajanan Minang 2016 dengan tema World Halal Tourism di Lapangan Banteng Selatan, Pasar Baru, Jakarta Pusat, 10-11 Desember besok ya.

Festival ini bakal menyajikan 120 stand dengan berbagai macam kuliner dan kerajinan khas Minang yang terbuka untuk umum dan gratis biaya masuk.
Kuliner yang tersedia tidak hanya makanan berat seperti nasi padang, rendang, gulai itik, tambusu, ayam balado hijau dan sejenisnya, tetapi juga ada makanan ringan seperti galamai, martabak kubang, sari kayo, katan, bubur kampiun dan banyak lagi.

Sedangkan ragam kerajinan yang tampil antara lain kain sulaman, renda, dan kain suji dari komunitas wanita yang pertama di Minangkabau, yakni Yayasan Kerajinan Amai Setia (YKAS) Koto Gadang.

“Di acara ini, masyarakat akan tahu kelezatan makanan khas Minang, tak hanya nasi Padang yang belakangan mendunia karena Audun Kvitland Røstad, bule dari Trondheim Norwegia,” ujar Andika Cendekia, Humas Festival Jajanan Minang 2016.

Di samping stand-stand makanan khas Minangkabau, bagi yang penasaran dengan hiasan pengantin Malam Bainai, festival ini juga menyediakan stand untuk pengunjung merasakan sensasi didandani bak pengantin daerah Pariaman. Ada pula pameran foto penampakan Sumatra Barat masa lampau karya Adek Hendri Hassan.

“Acara nanti ada stand malam bainai untuk yang mau merasakan jadi pengantin Minangkabau, ada pameran foto Pak Hendri Hassan Sumbar zaman dulu, dan Sabtu siang juga ada acara makan bajamba dengan perkiraan 100 orang sebagai makna tidak ada sekat di antara keluarga Minang, mau pengusaha kaya, politikus, mahasiswa biasa semuanya sama tinggi sama rata, makan sama-sama dengan pengganti piring menggunakan daun pisang,” tandas Andika.

Acara juga dimeriahkan dengan pentas yang diisi dari pukul 9.00-21.00 WIB dengan penampilan musik khas Minang seperti tambua tansa asal Maninjau, randai, tari-tarian Sumatra Barat seperti tari piring, dan hiburan dari artis Minang seperti Mak Pono, Upiak Inyiak, Elly kasim, dan pendatang baru seperti Shafira Addinia, Khairunnisa Nabila, orgen Mak Lenggo dan banyak lagi. Rangkaian acara malam, juga akan ada spectacular fireworks atau kembang api.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru