CLOSE [X]

Catat Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Saat Ini

Sabtu, 02 Juli 2022 | 05:00 WIB Sumber: Kompas.com
Catat Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Saat Ini


KONTAN.CO.ID - Pemerintah berencana untuk menaikkan biaya masuk Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi Rp 3,75 juta per orang untuk satu tahun. Harga tiket tersebut dibayarkan secara kolektif per empat orang menjadi Rp 15 juta, mulai 1 Agustus 2022.

Sebagai informasi, biaya Rp 3,75 juta bukanlah harga tiket, melainkan biaya konservasi yang ditetapkan sebagai kompensasi atas hilangnya nilai jasa ekosistem taman nasional itu, akibat lonjakan kunjungan wisatawan dalam beberapa tahun belakangan.

Daftar Isi

Lantas, berapa harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo saat ini?

Kepala Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina Sukarsono mengatakan, tidak ada kenaikan untuk harga tiket masuk Taman Nasional Komodo.

"Menurut BTNK (Balai Taman Nasional Komodo), harga yang berlaku masih sama, sesuai peraturan sebelumnya," tutur Shana saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (1/7/2022).

Harga tiket masuk Taman Nasional Komodo saat ini

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2014 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku Pada Kementerian Kehutanan, tarif tiket masuk Taman Nasional Komodo terbagi atas beberapa kategori sebagai berikut:

  • Tiket masuk Taman Nasional Komodo

Harga tiket masuk Taman Nasional Komodo untuk warga negara asing (WNA) pada hari Senin-Sabtu mulai dari Rp 150.000 per orang. Pada hari Minggu atau libur nasional harganya menjadi mulai dari Rp 225.000 per orang.

Sementara itu, harga tiket masuk Taman Nasional Komodo untuk wisatawan nusantara (wisnus) pada hari Senin-Sabtu mulai dari Rp 5.000, dan pada hari Minggu atau hari libur nasional lainnya mulai dari Rp 7.500.

  • Harga paket trekking dan wildlife viewing di Taman Nasional Komodo

Aktivitas trekking dan pengamatan satwa (wildlife viewing) di Taman Nasional Komodo harus dibeli satu paket. Tarif trekking mulai dari Rp 5.000 per orang, dan tarif wildlife viewing mulai dari Rp 10.000 per orang.

Nantinya wisatawan dapat melihat kehidupan satwa di sejumlah lokasi, termasuk Loh Liang di Pulau Komodo, Loh Buaya di Pulau Rinca, dan Padar Selatan di Pulau Padar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ramai Dibincangkan, Berapa Harga Tiket Masuk TN Komodo Saat Ini?"
Penulis : Wasti Samaria Simangunsong
Editor : Ni Nyoman Wira Widyanti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru