Catat, ini daftar barang yang tidak harus Anda borong saat wabah corona

Selasa, 17 Maret 2020 | 15:25 WIB   Reporter: kompas.com
Catat, ini daftar barang yang tidak harus Anda borong saat wabah corona

ILUSTRASI. Seorang wanita berjalan dengan masker wajah untuk melindungi dari virus corona baru tergelatk di lantai dekat Trump Tower di New York City, New York, AS, 14 Maret 2020.


VIRUS CORONA - Wabah virus corona yang menyebar ke berbagai negara menimbulkan kekhawatiran pada banyak orang. Inilah yang kemudian membuat orang-orang berlomba menyimpan barang-barang, mulai masker, bahan makanan, hingga tisu toilet. 

Namun, ada hal-hal penting yang perlu Anda siapkan. "Simpan persediaan air dan makanan untuk dua minggu," saran situs darurat dan persiapan bencana Departemen Keamanan Amerika Serikat (AS), ready.gov. 

Situs ini juga menyarankan pemeriksaan berkala terhadap obat resep untuk memastikan pasokan selalu ada, dan memastikan obat tanpa resep seperti obat penghilang rasa sakit, batuk, dan obat flu selalu tersedia di rumah. 

Baca Juga: Mengenal gejala awal terjangkit virus corona dari hari ke hari

Selain itu, American Red Cross merekomendasikan, agar masyarakat memiliki peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) di rumah untuk mengobati cedera umum, termasuk luka, goresan, bengkak, keseleo, dan otot tegang. 

"Saat ini, orang-orang melakukan hal-hal yang sangat konyol," kata Regina Phelps, perencana pandemi dan pakar manajemen krisis kepada CNBC Make It seperti dilansir CNBC

Selama dua dekade sebagai perencana mengatasi pandemi, Phelps mempelajari, saat ini orang ataupun perusahaan tidak membuat rencana kebutuhan. Maksudnya, membeli barang-barang sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: Kenali gejala umum yang mengarah pada infeksi virus corona

"Respons alami" mereka adalah membeli barang yang tidak diperlukan dan akhirnya tidak dipakai. Itu tentu saja bisa mengeluarkan banyak biaya yang sebenarnya tidak perlu. 

Phelps, pendiri Emergency Management and Safety Solutions di San Francisco, mengatakan, banyak orang sering membuang uang mereka untuk membeli beberapa barang berikut: 

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru