Catat! Ini tata cara registrasi ulang calon mahasiswa baru UI jalur SBMPTN 2021

Selasa, 15 Juni 2021 | 10:37 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Catat! Ini tata cara registrasi ulang calon mahasiswa baru UI jalur SBMPTN 2021

ILUSTRASI. Ini tata cara registrasi ulang calon mahasiswa baru UI jalur SBMPTN 2021. Pho KONTAN/Achmad Fauzie


PERGURUAN TINGGI -  Selamat untuk peserta SBMPTN 2021 yang dinyatakan lulus terutama peserta yang memilih Universitas Indonesia atau UI. 

Meskipun pengumuman jalur UTBK-SBMPTN sudah dirilis, masih ada proses registrasi ulang yang wajib dilakukan oleh calon mahasiswa baru. 

UI melalui akun Instagram resminya, memberikan informasi tentang tata cara dan tahapan registrasi ulang calon mahasiswa baru jalur SBMPTN. 

Ada sebanyak empat tahap daftar ulang yang wajib dilakukan oleh calon mahasiswa baru UI. Jika salah satu tahap tidak diselesaikan, peserta dinyatakan mengundurkan diri.

Tahapan registrasi ulang calon mahasiswa baru UI jalur SBMPTN 2021

Berikut ini rangkuman dari Instagram UI tentang tata cara registrasi ulang calon mahasiswa baru jalur SBMPTN 2021. 

  • Tahap 1: Konfirmasi pilihan kelas dan permohonan mekanisme pengajuan pembayaran

Peserta pada tahap ini bisa memilih besaran biaya pendidikan. Tahap konfirmasi pemilihan kelas dan pengajuan pembayaran bisa dilakukan mulai tanggal 14-18 Juni 2021. 

Peserta wajib melaksanakan konfirmasi dengan cara login di laman http://penerimaan.ui.ac.id. Pilihan pembayaran biaya kuliah untuk S1 reguler dibagi menjadi dua, diantaranya:

1. BOP-Berkeadilan
Terdapat 6 kelas pada pilihan yaitu Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, Kelas 5, dan Kelas 6. Pilihan pembayaran ini dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa. 

Baca Juga: Pengumuman SBMPTN 2021 sudah dirilis, ini 10 PTN dengan nilai tertinggi UTBK Soshum

2. BOP-Pilihan

Pilihan ini merupakan mekanisme penetapan biaya pendidikan seusia dengan kemauan bayar dimana merupakan kesempatan kontribusi bagi penanggung biaya pendidikan calon mahasiswa. 

Ada 5 kelas di BOP-Pilihan diantaranya adalah Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, dan Kelas 5.

  • Tahap 2: Pengisian data dan pra-registrasi

1. Calon mahasiswa baru yang telah mendapatkan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dapat mengajukan Pra-Registrasi pada tanggal 14-24 Juni 22021. 

2. Pra-registrasi dilakukan pada laman http://pra-registrasi.ui.ac.id. Peserta melakukan login menggunakan NPM yang telah diperoleh dan pilihan program studi. 

3. Ikuti petunjuk yang disampaikan, isi semua formulir dengan lengkap dan unggah dokumen yang sesuai. 

4. Calon mahasiswa baru yang tidak dapat melengkapi isian pada laman pra-registrasi dinyatakan tidak menyelesaikan tahap pengisian data pra-registrasi. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru