Catat! Ini Tips Cepat Dapat Kerja Buat Fresh Graduate Setelah Lulus

Rabu, 14 September 2022 | 15:53 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Catat! Ini Tips Cepat Dapat Kerja Buat Fresh Graduate Setelah Lulus

ILUSTRASI. Catat! Ini Tips Cepat Dapat Kerja Buat Fresh Graduate Setelah Lulus. KONTAN/Fransiskus Simbolon


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari bangku pendidikan tentu menjadi harapan setiap lulusan baru atau fresh graduate

Namun tidak semua lulusan baru bisa beruntung mendapatkan pekerjaan pertamanya tidak lama setelah lulus. Cukup banyak fresh graduate yang menunggu lama sebelum bekerja di perusahaan pertama mereka. 

Daftar Isi

Salah satu persolaan nasional yang dihadapi pemerintah adalah keterbatasan lapangan perkerjaan untuk warganya, hal ini diperparah akibat semakin meningkatya jumlah pengangguran.

Samsul Arifin Dosen, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya). membagikan lima tips untuk para mahasiswa semester akhir agar setelah lulus cepat mendapatakan pekerjaan. 

Baca Juga: Klik Bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id Buat Cek BSU Tahun 2022 Rp 600.000, Simak Caranya

Tips cepat dapat kerja setelah lulus

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun dan memperbanyak relasi. Semakin banyak relasi akan muncul komunikasi yang didalamnya membahas terkait dengan kegiatan.

“Kondisi seperti ini akan lebih memungkinkan seseorang untuk mendapat banyak informasi dari pada sekedar membaca lowongan pekerjaan di koran atau di berita,” jelas Ari seperti dikutip dari situs UM Surabaya

Kedua ketahui kemampuan diri. Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Potensi menjadi energi yang tersimpan, tinggal bagaimana mahasiswa dapat mengasah dan mengubahnya menjadi kemampuan diri.

Tips cepat dapat kerja yang ketiga adalah jangan terlalu selektif. Tidak sedikit para fresh graduate terjebak dalam kondisi stagnasi karena menunggu pekerjaan yang mereka impikan.

“Apapun itu, ambillah, selain menambah wawasan dan pengetahuan baru, paling tidak  menjaga pengetahuan dan kemampuan agar tetap terasah dan tidak tumpul,”katanya.

Cara yang keempat yaitu jangan tergoda hal instan. Kondisi seperti ini diperparah oleh semakin banyaknya anak muda yang membagi kesuksesannya di media sosial, dan mendorong anak muda lainnya untuk mencapai kesuksesan secepat dan sedini mungkin.

Tips cepat dapat kerja setelah lulus yang kelima adalah tidak ada istilah gagal. Pengetahuan dan mentalitas seseorang memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan.

“Yang harus dibangun adalah mindset bahwa proses jatuh bangun yang dihadapi adalah suatu kenikmatan dan mau atau tidak harus dihadapi,” ucap Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru