Catat Jadwal Dieng Culture Festival 2024: Harga Tiket, Acara, dan Lokasi

Selasa, 11 Juni 2024 | 15:13 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Catat Jadwal Dieng Culture Festival 2024: Harga Tiket, Acara, dan Lokasi


WISATA - JAKARTA. Simak jadwal Dieng Cultrue Festival beserta tiket dan lokasinya. Salah satu event tahunan yang ditunggu oleh masyarakat Indonesia adalah Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival (DCF) merupakan sebuah festival budaya tahunan yang diadakan di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. Festival ini memadukan keindahan alam Dieng dengan pertunjukan seni budaya, kearifan lokal, dan pemberdayaan masyarakat.

DCF pertama kali diadakan pada tahun 2010 oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat, organisasi, dan pemerintah daerah.

Tujuan diadakannya festival ini adalah untuk melestarikan budaya Dieng, mempromosikan potensi wisata Dieng, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Dieng.

Baca Juga: Memasuki Libur Panjang, Ini 7 Tempat Wisata di Semarang yang Menarik

Wisata Dieng

Rangkaian Acara Dieng Culture Festival

DCF biasanya diadakan selama 3 hari berturut-turut dan menawarkan berbagai macam acara, antara lain:

  • Pertunjukan seni budaya: Pertunjukan seni budaya yang ditampilkan di DCF antara lain tari tradisional, musik tradisional, wayang kulit, dan ketoprak.
  • Ritual budaya: Salah satu ritual budaya yang paling terkenal di DCF adalah Ruwatan Bocah Rambut Gimbal. Ritual ini bertujuan untuk membersihkan anak-anak berambut gimbal dari kesialan.
  • Pameran produk lokal: DCF juga menjadi ajang bagi para pengrajin dan UMKM di Dieng untuk memamerkan produk-produk.
  • Kegiatan wisata: Pengunjung DCF juga dapat menikmati berbagai kegiatan wisata alam, seperti trekking, camping, dan mengunjungi objek-objek wisata alam di Dieng.

DCF telah memberikan dampak positif bagi perkembangan wisata dan ekonomi di Dieng. Festival ini telah menarik wisatawan dari berbagai penjuru Indonesia dan bahkan mancanegara.

Selain itu, DCF juga telah membantu meningkatkan pendapatan masyarakat Dieng melalui penjualan produk-produk lokal dan jasa wisata.

Wisata Dieng, Banjarnegara

Acara Dieng Culture Festival 2024

Dieng Culture Festival 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 23 hingga 25 Agustus 2024 mendatang. Festival ini akan menampilkan berbagai macam acara yang menarik, seperti pertunjukan seni budaya, ritual budaya, pameran produk lokal, dan kegiatan wisata.

Melansir dari Kantor Berita ANTARA, Pelaksanaan DCF ke-14 tahun 2024 telah ditetapkan pada bulan Agustus nanti. Alif Faozi menjelaskan bahwa kelompok tersebut, sebagai penyelenggara festival, masih mempersiapkan rencana kegiatan untuk DCF tahun ini dengan tema "Kembali ke Perjalanan," yang berfokus pada menghidupkan kembali nilai-nilai budaya.

Oleh karena itu, beberapa pertunjukan musik yang biasanya ada akan dikurangi, lanjutnya. “Pada DCF sebelumnya, kami memiliki dua acara musik, yaitu 'Jazz Atas Awan' dan 'Harmony Atas Awan.' Tahun ini, mungkin hanya akan ada Jazz Atas Awan saja, sementara Harmony Atas Awan mungkin ditiadakan,” ungkapnya.

Baca Juga: 2 Jenis Bentuk Muka Bumi, Pengertian Masing-Masing Bentuk, dan Contohnya

Lokasi Dieng Culture Festival 2024

Seperti yang dikonfirmasi oleh ketua Pokdarwis, lokasi Dieng Culture Festival 2024 ini masih belum dipastikan. Hal ini karena masih dalam koordinasi dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Tahun lalu, Event Dieng Culture Festival 2023 tidak digelar menyusul adanya proyek strategis nasional (PSN) tentang penataan kawasan Dieng.

Pembelian Tiket Dieng Culture Festival 2024

Sementara ini, informasi tiket belum resmi diluncurkan pada laman resmi seperti https://festivaldieng.id/ atau laman https://diengpandawa.com/.

Pada DCF 2022, Anda harus mengantre untuk menadpatkan tiket tersebut dengan banderol termurah dari Rp750.000 termasuk homestay.

Pastikan Anda terus memantau informasi terbaru terkait Dieng Culture Festival 2024 melalui media sosial Instagram di @festival_dieng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru