Catat! Kamera ETLE Bakal Menjangkau Seluruh Indonesia Mulai September 2022

Jumat, 10 Juni 2022 | 09:35 WIB Sumber: Kompas.com
Catat! Kamera ETLE Bakal Menjangkau Seluruh Indonesia Mulai September 2022

ILUSTRASI. Beberapa bulan ke depan, kamera Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik akan menjangkau seluruh Indonesia. Tribunnews/Jeprima


OTOMOTIF - MEDAN. Pengguna kendaraan bermotor wajib tahu informasi ini. Beberapa bulan ke depan, kamera Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik akan menjangkau seluruh Indonesia. 

Tak lama lagi, Kota Medan juga bakal menjadi wilayah yang mendapat jangkauan ETLE. Korlantas Polri berencana menambah kamera Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Medan, Sumatera Utara. Sejauh ini, baru ada 2 kamera ETLE di wilayah tersebut. 

“Untuk di Medan sendiri sudah ada dua kamera yang bisa diimplementasikan, sudah operasional dan barusan kita mengecek untuk implementasinya,” kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, disitat dari NTMC Polri (9/6/2022). 

“Dan ini sudah terhubung dengan ETLE Nasional Presisi, artinya tadi kita capture pelat luar daerah sudah ada datanya di sini,” ujar dia. 

Sementara itu, tercatat saat ini ETLE sudah diterapkan di 26 Polda se-Indonesia yang terpasang di 286 titik dan bekerja sama dengan pihak Jalan Tol sebanyak 30 lebih kamera. 

Baca Juga: Cara Cek Tilang Elektronik di Jalan Tol secara Online, Mudah Sekali

Aan berharap, untuk di Kota Medan, penerapan ETLE bisa membantu tugas kepolisian, mengingat kamera dipasang di Jalan Tol, dan ruas jalan yang dinilai rawan kecelakaan. 

Ia juga mengatakan, Korlantas Polri menargetkan seluruh Indonesia sudah terjangkau ETLE Nasional Presisi bulan September 2022 nanti. 

“Tentunya ini target minimal, target maksimalnya seluruh stakeholder bisa membantu kita, bisa berkolaborasi sehingga semakin banyak dan masif. Sehingga tingkat kepatuhan di jalan bisa meningkat lagi,” ucap Aan. 

Pada kesempatan ini, Aan juga menyebut, Wali Kota Medan Bobby Nasution akan memberikan akses 10 kamera yang nantinya akan terintegrasi ETLE Nasional Presisi. 

Baca Juga: Pelat Nomor Kendaraan Putih Bakal Diterapkan Juni 2022

“Tadi kami diskusi dengan Wali Kota, ternyata di program Wali Kota juga ada yang terkait dengan ETLE ini. Yang pertama program e-Parking, kemudian ada program dari Dinas Perhubungan yang bisa terintegrasi dengan kamera ETLE kita,” tutur dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai September 2022 Kamera ETLE Bakal Menjangkau Seluruh Indonesia"
Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Aditya Maulana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru