Catat syarat dan cara blokir STNK secara online

Senin, 31 Mei 2021 | 08:24 WIB Sumber: Kompas.com
Catat syarat dan cara blokir STNK secara online

ILUSTRASI. Pada saat pemilik kendaraan bermotor telah menjual kendaraannya, proses blokir Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau disebut dengan lapor jual kendaraan harus dilakukan. KONTAN/Carolus Agus Waluyo/25/11/2020.


PAJAK KENDARAAN - JAKARTA. Pada saat pemilik kendaraan bermotor telah menjual kendaraannya, proses blokir Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau disebut dengan lapor jual kendaraan harus dilakukan. 

Hal ini dilakukan agar pemilik kendaraan terhindar dari pajak progresif ketika akan membeli kendaraan baru. Lapor jual kendaraan dapat dilakukan di kantor Sistem Manunggal Satu Atap (Samsat) di daerah masing-masing. 

Untuk melakukan pemblokiran atau lapor jual kendaraan, ada syarat yang harus dilengkapi antar lain : 

1. Fotokopi KTP Pemilik Kendaraan 

2. Surat Kuasa bermaterai dan terlampir fotokopi (bila dikuasakan) 

3. Fotokopi surat akta penyerahan dan bukti bayar 

4. Fotokopi STNK/ BPKB 

5. Fotokopi Kartu Keluarga 

6. Surat pernyataan yang bisa didownload di https://bapenda.jakarta.go.id/ 

Baca Juga: Cara mudah cek besaran pajak kendaraan secara online

Bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor samsat dan ingin cara yang lebih mudah, lapor jual kendaraan juga bisa dilakukan secara daring. 

Humas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta Herlina Ayu menjelaskan, untuk melakukan pemblokiran STNK pemilik kendaraan yang lama bisa melakukannya secara daring. 

“Bisa nanti dibuka website pajak online Jakarta, lalu selanjutnya melakukan registrasi sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang akan langsung sinkron dengan data kendaraannya,” ujar Herlina saat dihubungi Kompas.com belum lama ini. 

Baca Juga: Ini daftar nomor polisi (nopol) istimewa yang ada di Indonesia

Karena sistem sudah terintegrasi dengan data pemilik kendaraan, setelah melakukan registrasi NIK akan muncul data kepemilikan kendaraan. Bagi anda yang ingin melakukan pemblokiran secara online, berikut adalah langkahnya setelah melakukan registrasi sesuai dengan NIK: 

1. Log in Pajak Online ke https://pajakonline.jakarta.go.id 

2. Pilih Menu PKB Pilih Pelayanan Jenis Pelayanan Blokir Kendaraan Pilih NOPOL yang mau diblokir Unggah Kelengkapan Dokumen Kemudian klik “Kirim” 

Setelah melakukan pemblokiran, status pemblokiran juga akan terlihat di layar ponsel melalui email atau terlihat di kolom PKB. Atau bisa dicek ulang melalui situs web dan cek secara langsung ke kantor samsat daerah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Syarat dan Cara Blokir STNK Secara Online"
Penulis : Arif Nugrahadi
Editor : Aditya Maulana

 

Selanjutnya: Gampang! Begini cara perpanjang STNK lewat aplikasi LinkAja

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru