CLOSE [X]

Catatan Kontroversi Wasit Ahmed Al-Kaf yang Pimpin Laga Bahrain vs Indonesia

Jumat, 11 Oktober 2024 | 08:36 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
Catatan Kontroversi Wasit Ahmed Al-Kaf yang Pimpin Laga Bahrain vs Indonesia

ILUSTRASI. Wasit Ahmed Al-Kaf yang Pimpin Laga Bahrain vs Indonesia


KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026 - Mimpi timnas Indonesia untuk mendapatkan 3 poin pertama di Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 pupus setelah gawang Maarten Paes dijebol di masa perpanjangan waktu. Keputusan wasit Ahmed Al-Kaf yang mengulur waktu jadi sorotan.

Skuad Garuda tampil sangat baik dalam laga Bahrain vs Indonesia hari Kamis (10/10). Meski sempat tertinggal akibat gol tendangan bebas Mohamed Marhoon di menit 15', timnas akhirnya mampu membalikkan keadaan lewat gol Ragnar Oratmangoen di menit 45+3' dan Rafael Struick di menit 74'.

Tim wasit memutuskan untuk memberikan perpanjangan waktu selama 6 menit karena pertandingan memang sering dihentikan.

Sayangnya, wasit Ahmed Al-Kaf tak kunjung meniup pluit panjang meski waktu telah menunjukkan 90+6'. 

Benar saja, di menit 90+9' Mohamed Marhoon kembali mencetak gol untuk menyamakan kedudukan. Tepat setelah kick-off, Ahmed Al-Kaf baru mengakhiri pertandingan.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Bahrain vs Indonesia 2-2

Profil Ahmed Al-Kaf

Ahmed Al-Kaf lahir di Oman pada 6 Maret 1983. Namanya memang jadi langganan untuk banyak laga Asia. Dirinya juga aktif menjadi wasit di Liga Oman sejak tahun 2008. 

Al-Kaf memang dikenal senang mengeluarkan banyak kartu dalam satu pertandingan. Mengutip Bola Sport, dirinya rata-rata mengeluarkan 5 kartu dalam satu pertandingan.

Sepanjang kariernya, Al-Kaf telah memimpin 114 laga dengan mengeluarkan 343 kartu kuning dan 10 kartu merah.

Al-Kaf yang berasal dari Oman diduga memiliki kepentingan lain dalam laga Bahrain vs Indonesia, mengingat Oman dan Bahrain tergabung dalam badan sepak bola regional yang sama, yaitu West Asian Football Federation (WAFF).

Baca Juga: Shin Tae-yong Pasang Benteng Lima Bek di Depan Paes, Malik Risaldi Jadi Starter

Deretan Kontroversi Al-Kaf

Mengulur waktu di laga Bahrain vs Indonesia bukan satu-satunya jejak buruk Al-Kaf. Wasit ini ternyata memang dikenal kontroversial di kawasan Timur Tengah.

Al-Kaf sempat dipercaya memimpin laga Al Nassr vs Al Ain di leg kedua perempat final Liga Champions Asia pada Maret 2024.

Hasilnya, wasit Oman ini mengeluarkan 9 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Keputusan kontroversial lain terjadi pada laga Arab Saudi vs Thailand di Piala Asia U23 tahun 2020.

Al-Kaf diduga memberikan keuntungan bagi Arab Saudi setelah memberikan penalti lewat tinjauan VAR (Video Asisstant Referee). Arab Saudi akhirnya menang 1-0.

Di laga Bahrain vs Indonesia semalam, Al-Kaf hanya mengeluarkan 2 kartu kuning untuk pemain Indonesia, yaitu Ragnar Oratmangoen dan Marselino Ferdinan.

Namun, dirinya memberikan peringatan pelanggaran kepada Jay Idzes dkk sebanyak 27 sepanjang laga. Hal itu sukses membuat tempo permainan terganggu.

Selanjutnya: Shin Tae Yong Kritik Wasit: Kepemimpinannya Harus Diperbaiki

Menarik Dibaca: Promo UOB x Dekoruma, Ada Diskon hingga Rp 1,5 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru