Cegah penyebaran hoax, WhatsApp tambah fitur Search the Web

Selasa, 04 Agustus 2020 | 14:52 WIB   Penulis: Arif Budianto
Cegah penyebaran hoax, WhatsApp tambah fitur Search the Web

ILUSTRASI. Guna mencegah penyebaran hoax, WhatsApp menambahkan fitur Search the Web.


APLIKASI IOS - Hoax gampang tersebar melalui WhatsApp. Sebagai aplikasi pesan instans yang sangat populer, WhatsApp berusaha untuk menghindari hal tersebut.

Tapi tetap saja, masih banyak orang yang menyebar hoax lewat WhatsApp. Untuk itu, WhatsApp merilis fitur baru untuk meminimalisir penyebaran kabar bohong. 

Mengutip blog resmi WhatsApp, aplikasi di bawah payung Facebook ini meluncurkan fitur bernama Search the Web. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mencari kebenaran dari berita atau informasi yang di-forward melalui web atau Google.

Misalkan, Anda mendapatkan sebuah link atau berita dari grup di WhatsApp, kemudian ingin membagikan ke grup lain atau rekan dengan melakukan forward message

Secara otomatis akan muncul pop up, yang menyarankan Anda harus mencari tahu informasi tersebut di Google. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berita atau informasi yang Anda dapatkan lewat WhatsApp benar-benar fakta atau hoax.

Baca Juga: Makin seru, WhatsApp bakal kedatangan 138 emoji baru

Fitur Search the Web membuat Anda lebih teliti lagi dalam membagikan informasi agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Anda dapat membandingkan berbagai sumber berita untuk memastikan kabar yang ingin Anda sebarkan fakta atau hoax.

Jika tidak mencari informasi tersebut di Google, maka pesan yang di-forward tidak bisa Anda teruskan.

Untuk sementara, fitur Search the Web masih belum tersedia di WhatsApp wilayah Indonesia. WhatsApp baru merilis fitur terbaru tersebut di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Italia, Spanyol, Brasil, Irlandia, Inggris, dan Meksiko.

Fitur ini juga terdapat di WhatApp web. Anda yang di Indonesia harus sedikit berabar untuk menikmati fitur tersebut, ya. 

Baca Juga: Yuk mulai bisnis dengan memanfaatkan WhatsApp Business

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru