Film

Cegah tertular virus corona, ini tiga cara aman nonton film di bioskop

Jumat, 13 Maret 2020 | 16:15 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Cegah tertular virus corona, ini tiga cara aman nonton film di bioskop

ILUSTRASI. A couple talks to a staffer as they buy tickets for watching movies at CGV Cinemas Cultureplex in Jakarta, Indonesia, February 22, 2019. Picture taken February 22, 2019. REUTERS/Willy Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virus corona cepat menyebar dan mudah menular. Lalu, amankah menonton film di bioskop? 

Maklum, akhir pekan begini memang paling asyik pergi ke bioskop untuk nonton film. Namun, saat virus corona makin menyebar, Anda harus lebih waspada. 

Susanti, Dokter Umum Balai Kesehatan Kompas Gramedia, mengatakan, tidak ada larangan pergi ke bioskop bila tubuh Anda sedang sehat. Tapi, harus tetap waspada agar tidak sampai tertular virus corona.

Baca Juga: Ini film yang tayang di bioskop CGV dan XXI akhir pekan ini 13-15 Maret 2020

Untuk itu, dokter Santi menyarankan, agar Anda melakukan tiga cara berikut ketika nonton di bioskop: 

Pertama, sebaiknya memilih tempat duduk dengan jarak minimal satu meter dengan penonton lainnya. Dengan begitu, Anda tidak sampai bergesekan dengan penonton lainnya. 

Kedua, jangan memegang mulut, hidung, dan mata selama nonton film. Khawatirnya, tangan Anda terkontaminasi kuman, virus, dan bakteri yang bisa masuk ke dalam tubuh. 

Ketiga, sebaiknya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah keluar dari bioskop. 

Perhatian! Bila Anda sedang kurang sehat, sebaiknya tidak pergi nonton film di bioskop. Sebab, tubuh yang tidak fit mudah terinfeksi virus.

Sekadar info, virus corona bersifat menular dari manusia ke manusia. Virus ini bisa ditularkan melalui percikan air liur. 

Baca Juga: Film Mulan batal tayang bulan ini di bioskop karena virus corona

Seseorang yang terinfeksi corona menampakkan gejala demam, batuk, pilek, lesu, nyeri otot, dan sesak nafas. 

Meski begitu, dokter Santi bilang, Anda tidak perlu panik dengan penyebaran virus corona yang semakin masif. Anda bisa mencegah tertular virus corona dengan melakukan pola hidup sehat.


Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru