Cek kesiapan, tanyakan 7 pertanyaan ini pada pasangan sebelum menikah

Senin, 23 Agustus 2021 | 14:17 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cek kesiapan, tanyakan 7 pertanyaan ini pada pasangan sebelum menikah

ILUSTRASI. Cek kesiapan, tanyakan 7 pertanyaan ini pada pasangan sebelum menikah. ANTARA FOTO/Moch Asim.


RUMAH TANGGA - Cek kesiapan Anda dan pasangan dengan menjawab beberapa pertanyaan sebelum memutuskan menikah.  

Memutuskan untuk menikah tentu harus berdasarkan banyak persiapan tidak hanya sekadar saling mencintai. Anda dan pasangan perlu memahami akan ada konflik yang muncul saat menjalani rumahtangga kelak.  

Konflik tersebut tentu perlu ditangani segera agar tidak muncul kesalahpahaman,hingga menyebabkan perceraian. 

Emily Jamea, terapis hubungan dan seks di Texas, seperti dilansir dari Oprah Magazine, mengatakan, menjawab beberapa pertanyaan tentang pernikahan bisa menghindarkan kalian dari konflik di masa depan. 

Setidaknya, dengan menjawab pertanyaan tersebut, bisa membuat Anda dan pasangan siap dan menyelesaikan masalah bersama. 

Simak beberapa pertanyaan untuk pasangan yang penting ditanyakan sebelum menikah, dihimpun dari Brides dan Oprah Magazine:

  • Arti dari pernikahan 

Pertanyaan untuk pasangan yang terpenting adalah tentang arti pernikahan bagi mereka. Sebelum menikah, sempatkan untuk berdiskusi tentang arti penting penikahan bagi kalian dan pasangan.

Diskusikan juga tujuan dan arti pernikahan dari kedua belah pihak. Hal ini bisa menjadi momen kalian berdua mencocokkan visi dan misi pernikahan.

Baca Juga: Bisa beli rumah idaman, ini untungnya menikah tanpa resepsi mewah

  • Pengelolaan keuangan keluarga 

Anda tentu sering mendengar alasan perceraian karena masalah ekonomi. Uang menjadi salah satu sumber perpecahan suatu hubungan. Karenanya, pertanyaan tentang pengelolaan keuangan keluarga penting ditanyakan sebelum memutuskan menikah. 

Hatty J. Lee, terapis pernikahan melalui Brides, menyarankan, agar membagi keuangan menjadi tiga kelompok. Yakni, pengeluaran, tabungan, dan utang. 

Umumnya, suami menjadi pencari nafkah utama, namun tanyakan juga apakah istri boleh bekerja atau tidak. 

Tentukan juga besaran uang bulanan yang akan diberikan suami pada istri. Jika suami dan istri bekerja, tentukan penghasilan siapa digunakan untuk apa. 

  • Pertanyaan seputar keturunan 

Selain keuangan, Anda perlu menanyakan pertanyaan tentang keturunan pada pasangan sebelum menikah. Poin kedua ini sering menimbulkan konflik tersendiri terutama jika orangtua Anda atau mertua ingin segera memiliki cucu. 

Tanyakan, apakah pasangan ingin segera memiliki anak atau menundanya terlebih dahulu. Anda dan pasangan harus memiliki kesepakatan bersama agar tidak menimbulkan konflik setelah menikah nanti. 

Jika sudah punya momongan kelak, tanyakan bagaimana pembagian tugas merawat anak. Tanyakan juga bagaimana gaya pasangan dalam mendidik anak.Jangan lupa, tentang dana pendidikan yang perlu disiapkan untuk buah hati. 

Baca Juga: Tips mengasah skill manajemen waktu agar belajar dan bekerja jadi lebih efektif

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru