Cek Lagi Syarat & Ketentuan Upload Berkas Sekolah Kedinasan 2022, Jangan Sampai Salah

Selasa, 26 April 2022 | 16:03 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cek Lagi Syarat & Ketentuan Upload Berkas Sekolah Kedinasan 2022, Jangan Sampai Salah

ILUSTRASI. Cek Lagi Syarat & Ketentuan Upload Berkas Sekolah Kedinasan 2022, Jangan Sampai Salah. Foto: STIN.


EDUKASI - Jakarta. Saat upload atau mengunggah berkas persyaratan untuk mendaftar Sekolah Kedinasan 2022 peserta harus berhati-hati dan sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan. 

Dokumen atau berkas yang diunggah tidak sesuai dengan ketentuan bisa mengakibatkan peserta gagal lolos seleksi administrasi. 

Pendaftaran calon mahasiswa atau taruna Sekolah Kedinasan tahun ini akan ditutup pada tanggal 30 April 2022 pukul 23.59 WIB. 

Peserta bisa melakukan pendaftaran di situs Penerimaan Sekolah Kedinasan yaitu dikdin.go.id sesuai dengan jadwal yang sudah dirilis tersebut. 

Baca Juga: Cara Mudah Ganti Background Foto Tanpa Aplikasi Buat yang Tidak Jago Editing

Ada sebanyak delapan kementerian dan lembaga pemerintahan yang membuka pendaftaran di sekolah kedinasan binaannya. Instansi tersebut diantaranya: 

  • Kementerian Perhubungan
  • Kementerian Hukum dan HAM
  • Kementerian Dalam Negeri
  • Kementerian Keuangan
  • Badan Intelijen Negara
  • Badan Pusat Statistik
  • Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika
  • Badan Siber dan Sandi Negara

Dokumen persyaratan mendaftar Sekolah Kedinasan 2022

Anda bisa mulai mempersiapkan dari sekarang dokumen-dokumen persyaratan mendaftar Sekolah Kedinasan 2022. Merangkum dari situs dikdin.bkn.go.id, berikut ini dokumen persyaratan mendaftar Sekolah Kedinasan:

  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah
  • Rapor SMA/Sederajat
  • Pas foto
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar. Dokumen lain sesuai dengan persyaratan instansi bisa Anda lihat di situs resmi masing-masing instansi.

Selain kelengkapan berkas, Anda juga perlu memperhatikan ketentuan untuk mengunggah atau upload berkas persyaratan. 

Baca Juga: Jelang Penutupan, Simak Daftar Terbaru 5 Sekolah Kedinasan Terfavorit 2022

Ukuran file dokumen hingga bentuk file sangat menentukan apakah dokumen Anda terunggah dengan baik dan bisa terbaca oleh sistem. Berikut ini ketentuan upload berkas persyaratan Sekolah Kedinasan 2022 secara umum:

  • Pas Foto (200 Kb, JPG)
  • KTP (200 Kb, JPG)
  • Ijazah (700 Kb, PDF
  • Transkrip (400 Kb, PDF)
  • Rapor (500 Kb, PDF)
  • Dokumen Lainnya (1 MB, PDF)
  • Bukti Bayar (200 Kb, JPG)
  • Surat Pernyataan (700 Kb, PDF)
  • Surat Lamaran (400 Kb, PDF)
  • Surat Keterangan (500 Kb, PDF)

Seluruh file yang di-upload disesuaikan kembali dengan ketentuan dari masing-masing instansi. Karenanya penting bagi calon peserta untuk membaca kembali informasi dari instansi yang akan didaftar. 

Alur pendaftaran sekolah kedinasan 2022

Sebagai langkah persiapan, siswa bisa mulai mempelajari alur pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini. Berikut ini alur pendaftaran sekolah kedinasan 2022.

1. Mengakses portal Sekolah Kedinasan https://dikdin.bkn.go.id/.

2. Membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang sudah tervalidasi Dukcapil, kemudian cetak Kartu Informasi Akun.

3. Login pada akun SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang didaftarkan.

Baca Juga: Lewat dikdin.bkn.go.id untuk Buat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2022, Ini Caranya

4. Melakukan pendaftaran dengan: 

  • Mengunggah swafoto (selfie)
  • Memilih sekolah 
  • Melengkapi nilai, 
  • upload berkas, dan 
  • melengkapi biodata diri

Baca Juga: Daftar 14 Jenis Imunisasi Dasar Lengkap untuk Anak dan Jadwal Pemberiannya

5. Kemudian cetak resume dan kartu pendaftaran

6. Setelah peserta mendaftar, verifikator instansi akan memverifikasi data dan berkas pelamar

7. Cek status kelulusan administrasi Anda dengan login ke SSCASN Sekolah Kedinasan.

8. Jika dinyatakan lulus, Anda akan mendapatkan kode billing. Peserta wajib membayarkan biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan masing-masing sekolah kedinasan. 

9. Setelah melakukan pembayaran dan dikonfirmasi oleh sistem, jangan lupa cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan.

10. Pelamar mengikuti proses ujian seleksi sesuai dengan informasi dari masing-masing instansi.

11. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan  di SSCASN.

Penting untuk diingat jika Anda hanya bisa memilih satu sekolah kedinasan saja saat pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022. Jika Anda mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan, maka otomatis akan didiskualifikasi.

Baca Juga: Pendaftaran UM PTKIN 2022 Dibuka, Simak Syarat, Kelompok Ujian, dan Biayanya Berikut

Jadwal pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022

  • Pengumuman pendaftaran Sekolah Kedinasan: 1-8 April 22022
  • Pendaftaran Sekolah Kedinasan: 9 April 2022 (09.22 WIB) - 30 April 2022 (23.59)
  • Ujian SKD: Mei-Juni 2022 (tentative)
  • Seleksi lanjutan: Ditentukan dan diatur oleh masing-masing Sekolah Kedinasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru