Cek Syarat dan Biaya Pendaftaran Jalur SNBT 2023, Siswa Tidak Lolos SNBP BIsa Ikut

Senin, 30 Januari 2023 | 13:12 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cek Syarat dan Biaya Pendaftaran Jalur SNBT 2023, Siswa Tidak Lolos SNBP BIsa Ikut


PERGURUAN TINGGI -  Siswa yang tidak lolos atau tidak eligible mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) bisa mengikuti seleksi jalur Seleksi Nasional Berdarkan Tes (SNBT).

Pendaftaran jalur ini akan dimulai setelah kegiatan SNBP berakhir. Karenanya, siswa masih memiliki cukup banyak waktu untuk mempersiapkan diri  menghadapi jalur seleksi tahun 2023 ini. 

Seleksi jalur ini menggunakan mekanisme Ujian Tertulis Berbasis Komputer atau UTBK yang akan dilaksanakan di Pusat UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

Bersumber dari situs Seleksi Nasional PMB (SNPMB), siswa hanya diperbolehkan mengikuti UTBK-SNBT sebanyak satu kali saja. 

Baca Juga: Daftar 23 Universitas Negeri Terakreditasi Unggul di Indonesia, Pilihan SNPMB 2023

Hasil UTBK nantinya bisa ditambah dengan kriteria lainnya sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh masing-masing PTN. 

Biaya pendaftaran dan materi tes SNBT 2023

Kuota untuk jalur SNBT adalah minimal 40 persen kuota Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan minimal 30 persen khusus untuk PTN Berbadan Hukum (PTN-BH). 

Jalur SNBT tidak seperti jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang biayanya sepenuhnya ditanggung pemerintah. Biaya jalur ini ditanggung oleh peserta seleksi dan subsidi dari pemerintah. 

Biaya pendaftaran yang dibebankan oleh peserta adalah sebesar Rp 200.000. Biaya yang sudah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apapun.

Peserta akan mengerjakan soal berupa Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika yang terbagi menjadi tujuh subtes.

Alokasi waktu yang diberikan untuk mengerjakan UTBK 2023 adalah 195 menit. Materi yang akan disajikan dalam seleksi jalur ini diantaranya: 

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar.

2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

3. Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Baca Juga: Syarat dan Cara Buat Akun untuk Daftar Program Magenta BUMN 2023, Mahasiswa Catat

Syarat mendaftar SNBT 2023

Siswa yang hendak mengikuti PMB jalur SNBT 2023, berikut ini syarat yang wajib Anda penuhi: 

1. Memiliki Akun SNPMB.

2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan: 

  • Foto terbaru (berwarna)
  • Sstempel/cap sekolah
  • Tanda tangan Kepala Sekolah

4. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.

5. Tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun 2021, atau 2022

6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

7. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.

8. Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra

9. Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2023

Baca Juga: Syarat dan Cara Registrasi Akun SNPMB Siswa Tahun 2023, Simak Langkahnya

Jadwal lengkap SNBT 

  • Sosialisasi UTBK-SNBT: 1 Desember 2022 - 14 April 2023
  • Pembuatan akun SNPMB: 16 Februari - 3 Maret 2023
  • Pendaftaran UTBK-SNBT: 23 Maret - 14 April 2023
  • Pelaksanaan UTBK Gelombang 1: 8-14 Mei 2023
  • Pelaksanaan UTBK Gelombag 2: 22-288 Mei 2023
  • Pengumuman hasil SNBP: 28 Maret 2023
  • Masa unduh sertifikat UTBK: 26 Juni - 31 Juli 2023. 

Itulah informasi singkat tentang seluk-beluk SNBT tahun 2023 mulai dari kuota hingga materi yang akan diujikan. 

Persiapkan dari sekarang dengan latihan soal-soal UTBK-SNBT dan tetap berdoa dan berusaha agar hasil yang didapat sesuai dengan yang diharapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru