CEO Indodax Beberkan Strategi Efektif Saat Trading: Disiplin dan Kelola Emosi

Kamis, 06 Juni 2024 | 06:30 WIB   Reporter: Noverius Laoli
CEO Indodax Beberkan Strategi Efektif Saat Trading: Disiplin dan Kelola Emosi

ILUSTRASI. Empat tahun sekali, dunia kripto dihebohkan dengan halving Bitcoin. Setelah halving, seperti di bulan Mei 2020, terjadi peningkatan besar-besaran pada transaksi BTC, yang didorong oleh bertumbuhnya adopsi dan keterlibatan komunitas. Tren ini membawa manfaat bagi keseluruhan lanskap kripto.


ASET KRIPTO -  JAKARTA. Psikologi trading merujuk pada kondisi emosional dan mental yang mempengaruhi keputusan trading. Memahami dan mengelola aspek ini sangat penting untuk mencapai kesuksesan jangka panjang dalam trading kripto. 

Psikologi trading juga mencakup disiplin dan konsistensi dalam mengikuti rencana trading. Tanpa disiplin, trader cenderung membuat keputusan impulsif yang merugikan. 

Trading kripto memerlukan kemampuan mengelola emosi seperti ketakutan, keserakahan, dan euforia. Ketakutan dapat membuat trader menjual aset terlalu cepat saat harga turun, sedangkan keserakahan bisa mendorong pembelian di puncak harga. 

Baca Juga: Pasar Kripto Masuk Siklus Altseason, Kenaikan Harga Altcoin Ungguli Bitcoin

Kesadaran diri dan kontrol emosi adalah kunci untuk membuat keputusan trading yang rasional. Trader sukses mampu menjaga keseimbangan emosional dan tidak mudah terpengaruh fluktuasi pasar.

Oscar Darmawan, CEO Indodax mengatakan bahwa tidak semua orang cocok menjadi trader. 

"Jangan memaksakan diri, tidak semua bisa jadi trader. Justru yang banyak uang adalah investor jangka panjang, dan semua orang hampir bisa menjadi investor dibandingkan dengan trader. Contoh sifat orang yang tidak cocok buat jadi trader adalah panik saat melihat aset turun karena terlalu khawatir, sedangkan menjadi investor yang baik lebih sederhana, hanya perlu beli dan lupakan asetnya, lihat 4-5 tahun kemudian,” ujarnya saat di penutupan event Bulan Literasi Kripto 2024 seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (5/6).

Baca Juga: Pasar Terkoreksi, Peluang Koleksi Bitcoin di Harga Rendah?

Pandangan ini memperkuat pentingnya investasi jangka panjang dalam kripto. Oscar menyarankan agar masyarakat mempertimbangkan untuk menjadi investor jangka panjang sebagai strategi yang lebih aman dan menguntungkan.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru