CEO Snapchat ramal TikTok saingi Instagram

Rabu, 22 Januari 2020 | 11:45 WIB Sumber: Kompas.com
CEO Snapchat ramal TikTok saingi Instagram


TEKNOLOGI - JAKARTA. CEO Snapchat Evan Spiegel mengatakan, TikTok bakal menjadi platform media sosial yang lebih besar ketimbang Instagram. Ramalan itu dilontarkannya saat menjawab salah satu peratanyaan dari audiens Digital Life Design (DLD) yang digelar awal pekan ini di Munich, Jerman. 

Menurut Spiegel, platform media sosial asal China tersebut berfokus talenta atau bakat penggunanya, bukan perkara adu banyak likes dan mendapat komentar di setiap posting

Di TikTok, Spiegel menyebut banyak orang-orang belajar hal baru, seperti tarian atau membuat konten lucu dan sekreatif mungkin. Ini lah yang menurut Spiegel, membuat TikTok lebih menghibur. 

"Media sosial pada konstruksi awalnya adalah tentang status, mewakili siapa diri Anda, menunjukkan kepada orang-orang betapa kerennya Anda, mendapatkan likes dan komentar, dan lain sebagainya," jelas Spiegel. 

Baca Juga: Tentara Angkatan Darat AS dilarang pakai TikTok

Dia pun tidak malu-malu mengakui sebagai fans TikTok. "Saya harus akui, saya suka TikTok. Saya penggemar beratnya," aku Spiegel, dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Rabu (22/1). 

Ramalan Spiegel agaknya mulai terbukti. Setidaknya jika dilihat dari jumlah unduhan aplikasi. Menurut data terbaru dari Sensor Tower dalam laporan Store Intelligence Data Digest: 2019 Year in Review, jumlah unduhan aplikasi TikTok melampaui jumlah unduhan aplikasi Facebook, Instagram, dan Messenger sepanjang tahun 2019. 

Laporan Sensor Tower menyebutkan, aplikasi besutan ByteDance itu telah diunduh sebanyak lebih dari 700 juta kali sepanjang tahun 2019. Capaian ini membuat TikTok berhasil mengungguli sebagian besar aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook Inc. 

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru