Cermat sebelum memilih, ini bedanya popok kain dan popok sekali pakai

Kamis, 10 September 2020 | 09:13 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cermat sebelum memilih, ini bedanya popok kain dan popok sekali pakai

ILUSTRASI. Cermat sebelum memilih, ini bedanya popok kain dan popok sekali pakai.


PARENTING -  Pemilihan popok bayi yang tepat bisa membuat bayi dan Anda nyaman. Popok kain dan popok sekali pakai memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Ada dua jenis popok yang banyak digunakan di masyarakat: Popok kain dan popok sekali pakai. Dua jenis popok ini hadir dengan kelebihan dan kekurangannya. 

Ada banyak pendapat jika popok kain lebih baik dari popok sekali pakai. Hal ini dilihat dari segi kebersihan hingga biaya pembelian popok. Tapi semua itu kembali lagi pada kebutuhan Anda. 

Sebelum memilih, Anda harus paham tentang dua jenis popok bayi. Setelah tahu kelebihan dan kekurangannya, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. 

Popok kain

Popok kain dianggap sebagai popok terbaik untuk buah hati. Popok jenis ini lebih aman untuk kulit buah hati yang sensitif. 

Popok kain memiliki banyak varian bahan yang digunakan. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kulit bayi. 

Bersumber dari The Bump, popok kain lebih hemat dibanding popok sekali pakai. Anda tidak perlu banyak membeli popok tiap bulannya. Popok kain bisa dicuci dan digunakan berkali-kali.

Baca Juga: 6 Hal yang harus diperhatikan saat memilih popok bayi, penting untuk orangtua!

Popok kain juga bisa digunakan lagi jika memiliki bayi lagi. Menggunakan popok kain lebih ramah lingkungan karena tidak membuat limbah. 

Popok kain tentu juga dampak yang negatif. Anda perlu meluangkan waktu ekstra untuk mencuci popok kain. Hal ini tentu lebih boros air dan listrik jika menggunakan mesin cuci. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru