Internet

Cermati.com perketat keamanan usai dibobol hacker

Kamis, 05 November 2020 | 18:30 WIB   Reporter: Ferrika Sari
Cermati.com perketat keamanan usai dibobol hacker


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cermati.com langsung bertindak memperketat keamanan pasca dibobol hacker. Hacker diperkirakan telah mencuri 2,9 juta data pengguna Cermati.com.

Platform teknologi finansial Cermati.com ini telah mempersiapkan berbagai upaya agar insiden tersebut tidak terulang kembali. "Pertama, kami melakukan investigasi dan menghapus akses yang tidak sah untuk memastikan data pengguna tetap terjaga," kata pendiri Cermati.com, Andhy Koesnandar kepada Kontan.co.id, Rabu (4/11). 

Mengingat, perusahaan sejak beberapa waktu lalu telah mendeteksi adanya akses tidak sah ke platform Cermati.com. Hal ini rentan ketika platform layanan keuangan ini menyimpan sebagian data pengguna. 

Selanjutnya, perusahaan juga akan menggandeng lembaga pemerintah seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk melakukan investigasi atas kejadian ini. Lalu mengambil langkah-langkah tepat untuk memastikan keamanan dan perlindungan terhadap data pengguna.

Baca Juga: Ilham Bintang resmi gugat Indosat dan Commonwealth Bank, total Rp 200 miliar

Kemudian bekerjasama dengan ahli keamanan informasi eksternal independen untuk meningkatkan keamanan secara menyeluruh. Perusahaan juga mewajibkan semua pengguna untuk melakukan two-factor authentication ketika log in untuk mencegah akses yang tidak seharusnya kepada akun terkait.

"Serta menginformasikan mengenai peretasan kepada pengguna dan terus memberikan himbauan kepada pengguna untuk menjalankan langkah pengamanan secara berkala demi melindungi diri dari upaya kejahatan online," jelasnya. 

Selain itu, Cermati.com mengembangkan arsitektur IT dan Application Programming Interface (API) serta memastikan bahwa infrastruktur tersebut tahan terhadap serangan peretas. Sebab, keamanan data pengguna adalah prioritas. 

Editor: Adi Wikanto


Terbaru