Naturalisasi Pemain Kelahiran Belanda, Justin Hubner, Memasuki Tahap Akhir

Jumat, 03 November 2023 | 17:47 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Naturalisasi Pemain Kelahiran Belanda, Justin Hubner, Memasuki Tahap Akhir

ILUSTRASI. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Jumat (3/10) mengumumkan bahwa proses naturalisasi pemain kelahiran Belanda, Justin Hubner, memasuki tahap akhir Foto: Ist/Dok. PSSI


Sepak Bola - JAKARTA. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengumumkan bahwa proses naturalisasi pemain kelahiran Belanda, Justin Hubner, yang saat ini bermain untuk klub Inggris, Wolverhampton Wanderers, telah mencapai tahap akhir. 

Justin Hubner merupakan pemain kelahiran 14 September 2003. Saat ini proses naturalisasi tinggal menunggu keputusan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, serta pelaksanaan pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Erick Thohir memberikan pengumuman ini melalui akun Instagram pribadinya pada Jumat malam (3/11).

Ia menjelaskan bahwa setelah berbagai pembicaraan, proses naturalisasi untuk pemain berdarah keturunan Indonesia ini telah mencapai tahap akhir. 

Baca Juga: Piala Erick Thohir, Upaya Kembangkan Sepakbola dan Persatuan di Indonesia

Erick Thohir menyatakan, "Selanjutnya, tinggal menunggu keputusan Presiden dan pengambilan sumpah kewarganegaraan Republik Indonesia."

Justin Hubner memiliki darah Indonesia melalui sang ayah, sementara ibunya adalah warga negara asli Belanda. 

Pemain berposisi bek tengah ini awalnya diminati oleh pelatih Shin Tae-yong untuk menjadi bagian dari skuad tim U-20 Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Meskipun Indonesia akhirnya batal tampil di Piala Dunia U-20 2023, semangat dan keinginan Justin Hubner untuk memperkuat timnas Indonesia tidak surut. 

Erick Thohir berharap agar proses naturalisasi Hubner sebagai WNI dapat berjalan dengan lancar, dan ia melihat ini sebagai kabar baik bagi kemajuan sepakbola Indonesia. 

"Semoga semua tahapan akan berjalan dengan lancar demi memajukan sepakbola Tanah Air," ujar Erick.

Proses naturalisasi Justin Hubner sebelumnya telah berjalan bersamaan dengan pemain lain, seperti Ivar Jenner dan Rafael William Struick. 

DPR telah menyetujui proses naturalisasi ketiganya melalui sidang paripurna ke-19 Masa Sidang IV tahun sidang 2022-2023. 

Justin Hubner sendiri sempat mengalami perjalanan maju-mundur, tetapi saat ini, ia telah menunjukkan komitmen yang jelas untuk menjadi bagian dari sepakbola Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru