Citroen TUB, mobil komersial dengan pintu geser pertama di dunia

Sabtu, 25 Juli 2020 | 04:18 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Citroen TUB, mobil komersial dengan pintu geser pertama di dunia


OTOMOTIF - PERANCIS. Kendaraan komersial dengan pintu geser pertama di dunia diproduksi oleh Citroen pada tahun 1939 bernama Citroen TUB.

Pada dasarnya, Citroen TUB diproduksi untuk mengangkut barang-barang militer ketika terjadi Perang Dunia II. Namun, produksi Citroen TUB juga berhenti karena Perang Dunia II itu sendiri juga.

Baca Juga: SuperLite, tenda untuk camping di atas mobil besutan Go Fast Campers

Dikutip dari situs Autoclassic, Citroen mengklaim bahwa Citroen TUB merupakan kendaraan komersial yang menghadirkan pintu samping geser pertama di dunia. 

Citroen TUB memiliki pintu besar di sisi kanan yang dapat digeser lurus ke belakang untuk memudahkan pemindahan barang.

Penggerak pintu berupa roda dan sebuah kaca diletakkan jauh di bagian depan mobil. Kendaraan ini memiliki panjang 4 meter dan tersemat dua kursi di depan. Kendaraan ini hanya diproduksi sebanyak 1.748 unit. Sebagian besar body mobil terbuat dari lapisan besi dan alumunium.

Citroen TUB

Citroen TUB mampu melaju dengan kecepatan maksimal 80 km/jam. Kekuatan mesin melaju hingga 45 horsepower dengan transmisi manual 3 percepatan.

Baca Juga: The Racer-X, sepeda motor listrik dengan desain yang tidak biasa

Citroen TUB menjadi bagian evolusi kendaraan yang diproduksi pada masa perang dunia. Tren kendaraan kala itu dimulai dengan mesin-mesin bergaya truk. Masa penggunaan truk terjadi antara tahun 1930-an.

Hingga di tahun 1939, Citroen memproduksi Citroen TUB hingga tahun 1941. Kemudian, Citroen TUB digantikan oleh Citroen TUC di tahun 1941 yang hanya bertahan beberapa bulan saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru